DESAIN LITERASI KETAHANAN PANGAN MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN KEBUTUHAN BELAJAR SISWA PENDIKAN SEKOLAH DASAR KELAS AWAL

Fahmi Fahmi, Etika Khaerunnisa, Cucu Atikah, Tatu Hilaliyah

Abstract


Abstrak. Pendidikan sebagai institusi yang berperan mendorong perubahan di masyarakat termasuk dalam mendukung ketahanan pangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain literasi ketahanan pangan melalui inovasi pembelajaran kebutuhan bagi siswa SD kelas Awal, sampel diambil di daerah Banten yang diwaliki di daerah Serang dan Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Desain yang dirancang sesuai dengan lingkungan alami (natural setting environment) dengan membantu mengenalkan literasi ketahanan pangan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak serta kebutuhan belajar siswa dengan cara mengenalkan dari benih/bibit, menanam, menyiram, tanaman/pohon, berbuah/buah, panen, proses pengolahan, kandungan gizi dan manfaatnya, dan konsumsi bahan pokok/sembako. Desain pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan literasi ketahanan pangan pada siswa sekolah dasar kelas awal di kota serang dengan rata-rata pencapaian yaitu 96.5, dan rata-rata pencapaian literasi ketahanan pangan siswa sekolah dasar kelas awal di kabupaten pandeglang sebesar 88.

Kata kunci: literasi, ketahanan pangan, siswa sekolah dasar kelas awal

 

Abstract. Education as an institution that plays a role in encouraging change in the community including in supporting food security. The purpose of this research is to find out the design of food endurance literacy through learning learning innovation for elementary students of Primary class, samples taken in Banten area which is inquired in Serang and Pandeglang area. The research method used is research development method. The design is in line with the natural setting environment by helping to introduce food endurance literacy in accordance with the growth and development of children and the learning needs of the students by introducing from seeds, planting, watering, plants/ trees, fruit/harvest, processing, nutritional content and benefits, and consumption of basic commodities/basic needs. The learning design used can increase the food endurance literacy in the primary school students of the initial class in the city of Serang with an average achievement of 96.5, and the average achievement of the food literacy literacy of primary school students in the early grades of pandeglang district is 88.

Keyword: literacy, food security, Primary Elementary School Students


Full Text:

PDF

References


Agnaou, F. 2003. Gender, Literacy, And Empowermen In Morocco. New York: Routledge.

Akbar, A. 2017. Membudayakan literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) Untirta, Vol 3, No 1, Maret 2017, 42-52.

Ary. Donald. 2011. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Alih bahasa: Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barry, M. 2012. School food gardens: fertileground for education. Health Education, Vol. 114, No. 4, 281-292.

Bog dan Gall. 1984. Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory and Method. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Buchmann, J. 2013. Valuing the Innovation Potentials of Firms What Theory Suggests, Practitioners do, and both Implies for Existing Theory. German: Springer Gabler.

Clark, S. 2013. Framing an Undergraduate Minor through the Civic Agriculture and Food Systems Curriculum. NACTA Journal, Juni, 56-67.

Fahmi. Khaerunnisa, E., Atikah, C. Hilaliyah, T. 2017. Permasalahan Anak Usia Dini. Serang: Berjaya Buku.

Freire, P. 2009. Politik pendidikan kebudayaan, kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasmi M. P dan Carlson. 2012. Interdisciplinary model for infusing food security into STEM curriculum. Journal of Agriculture, Food Systems, and Community Development, Volume 3, Issue 129-141.

Hendriyani, M. 2016. Alam adalah sekolah dan bermain adalah proses. Jurnal pendidikan sekolah dasar (JPSD) Untirta, Volume 2 No 1. 2016. 210-215.

Hikam, A.S. 2014. Menyongsong 2014-2019. Memperkuat indonesia dalam dunia yang berubah. Jakarta: CV rumah buku.

Lubis dan Arianti. 2011. Dampak Liberalisasi WTO Terhadap Ketahanan pangan beras dan gula. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Vol. 5 No. 2, 148-163.

Norris, S.P., Phillips, L.M. 2003. How literacy in its fundamental sense is central to scientific literacy. Science Education, Vol 87, Issue 2, March 2003, 224–24.

Nurhasanah, A. 2016. Penggunaan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar (JPSD) Untirta, Vol 2 No.1 Maret 2016, 87-95.

Pamungkas, A, S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar (JPSD) Untirta, Vol 3 No.2 September 2017, 228-240.

Sattler, M. 2013. Excellence in Innovation Management A Meta-Analytic Review on the Predictorsof Innovation Performance. German: Springer Gabler.

Sujiono. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakart: Index.

UNESCO 2005. Education for All. Literacy for life. Paris. UNESCO Publishing.

Wuryastuti. 2008. Inovasi pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal pendidkan dasar, Vol 2 No 9 April 2008, 223-232.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Lisensi Creative Commons

JPSd is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPSd, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Journal is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jpsd@untirta.ac.id.