BAHASA KITA DAN PENDIDIKAN KITA

Adang Heriawan, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Abstrak. Masalah pendidikan adalah masalah yang kompleks. Pembahasan di satu isi belum tentu dapat menyentuh sisi yang lain. Ada banyak masalah yang barangkali memang sudah “mengakar” pada tradisi kita, seperti ada sebentuk mental yang tak disadari. Tulisan ini mencoba membicarakan hal-hal yang “mengakar” itu, problem mentalitas itu, dalam soal peggunaan bahasa nasional kita dan lalu akan disambungkan dengan refleksi atas pikiran-pikiran Paulo Freire, sebab penulis menduga ada sangkut pautnya antara “liar”nya penggunaan bahasa nasional kita dengan masalah “adanya ketertindasan dalam ranah pendidikan.”

Kata Kunci: bahasa, literasi


Abstract. Education problems are complex problems. The discussion in one content may not necessarily touch the other side. There are many problems that may indeed have "rooted" in our tradition, as there is an unconscious mental form. This paper tries to talk about those things that are "rooted", the problem of mentality, in the matter of the use of our national language and then it will be connected with reflection on the thoughts of Paulo Freire, because the authors suspect there is a connection between the "wild" use of national language us with the problem of "oppression in the realm of education."

 

Keyword: language, literacy

 


Full Text:

PDF

References


Agustinus Mintara dalam BASIS, Yogyakarta: Kanisius, No. 01-02, Tahun ke-50, Januari-Februari 2001, hal. 30

Assapari, M. M. (2014). Relativitas Bahasa Dan Budaya Dalam Pendidikan, 48-57.

Bdk. Richard Shaull, kata pengantar dalam Pendidikan Kaum Tertindas, (Jakarta:LP3S, 2000), hal. Xi)

Bowles, Samuel and Herbert Gintis. 2011. Schooling in Capitalist America. Chicago: Haymarket Books.

Carnoy, Martin. 1998. “Interview with Martin Conroy”. Dalam Torres, C. A. (Ed), (1998), Education, Power and Personal Biography. New York: Routledge

Dennis E. Collins, SJ, Paulo Freire: His Life, Works and Though, (New York), Paulist Press, 1977), hal. 5).

Dennis E. Collins, SJ, Paulo Freire: His Life, Works and Though, hal. 6

Gadotti,Moacir and Carlos Alberto Torre.1997.Paulo Freire,Education and Humanism. Canada: Irvin Publishing Comp.

Ghazali, A. S. (2018). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Daerah Sebagai Wahana Pendidikan Karakter Bangsa (Learning Regional Language And Literature As A Means Of Education Of National Character). Daftar Isi, 19.

Helda, T., & Barat, S. P. S. (2015). Bahasa Anak Baru Gede (Abg) Dalam Cerpen Remaja Di Majalah Aneka. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1. i2, 123, 127.

Kushartanti, B. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Menyikapi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1).

Marysa, R., Hilal, I., & Agustina, E. S. (2015). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMPN 1 Gunungsugih. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(2).

Nasution, Z. (2007). Bahasa sebagai Alat Komunikasi Politik dalam Rangka Mempertahankan Kekuasaan. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1(3).

Pantu, A., & Luneto, B. (2017). Pendidikan Karakter dan Bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153-170.

Paulo Freire, Pedagogy Pengharapan, Penerjemah Tim Penerbit Kanisius, (Yogyakarta:Kanisius, 2001), hal. 81

Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas, Terj. Utomo Dananjaya, dkk, (Jakarta: LP3ES, 2000), hal. 51-52

Supriyanto. (2013). Paulo Freire: Biografi Sosial Intelektual Moderenisme Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib. Vol.6 No.2 Juli-Desember 2013

Setyonegoro, A. (2014). Bahasa, Pikiran, dan Realitas Merupakan Kesatuan Sistem yang Tidak Dapat Dipisahkan. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Jambi, 2(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id