PENERAPAN MODEL OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD 1 GOLANTEPUS

Izzatun Nada, Sri Utaminingsih, Sekar Dwi Ardianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model open ended problems terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD 1 Golantepus. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh presentase 74,1% dengan kriteria cukup kreatif, dan meningkat di siklus II presentase 85,92% dengan kriteria kreatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model open ended problems berbantuan compact disk (CD) pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD 1 Golantepus.

Kata Kunci: Open Ended Problems, CD Pembelajaran, Berpikir Kreatif. 

 

This research aims to describe the application of open ended problems model to the improvement of students' creative thinking ability the fourth grade students of SD 1 Golantepus. The type of this research is a classroom action research, with the subject of 25 students in fourth grade students. Technique of collecting data is done by technique of tes, product assesment and performance. Data analysis used is qualitative and quantitative analysis. The results of this research showed that students' creative thinking ability improved. In the firt cycle obtained precentage 74,1% with criteria creative enough, and increased in the second cycle of 85,92% with creative criteria. Based on the result of research, it can be concluded that the implementation of open ended problems problem with compact disk (CD) learning can improve creative thinking ability fourth grade students of SD 1 Golantepus.

Keywords: Open Ended Problems, CD Learning, Creative Thiking.


Full Text:

PDF

References


Agustian, Egi,. Atep Sujana dan Yedi Kurniadi. 2015. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 234-242.

Andriana Encep, Mudmainah Vitasari,Yuvita Oktarisa dan Dyah Novitasari. 2017 Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. JPSD, 3(2), 186-200.

Arda, Sahrul Saehana & Darsikin. 2015. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputer untuk Siswa SMP Kelas VII. E-Jurnal Mitra Sains, 3 (1), 69-77.

Ardianti, Sekar Dwi,. Ika Ari Pratiwi dan Muhammad Kanzunnudin. 2017. Implementasi Project Based Leaning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainmnet Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (2), 146-150.

Ariani, I M Desi,. I M Candiasa dan AAIN Marhaeni. 2014. Pengaruh Implementasi Open-Ended Problem dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Abstrak. E-Journal Evaluasi dan Pendidikan Universitas Pendidika Ganesha. 4 (1).

Basri, Hasan Waspodo dan Sumarni, Sri. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatka Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3 (1), 35-44.

Bilqis, A Syachruroji, dan M Taufik. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Sisw Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Antara Model Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Langsung. JPSD, 2 (2), 147 – 155.

Faridah, Nenden,. Isrok’atun dan Ani Nur Aeni. 2016. Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 1061-1070.

Firdaus, Abdur Rahman As’ari dan Abd Qohar. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Open Ended Pada Mate SPLDV. Jurnal Pendidikan. 1 (2), 227-236.

Ketut, Erni Suardani,. Lasmawan I Wayan dan Sadia I Wayan. 2013. Pengaruh Media CD Interaktif Berbantuan LKS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V di SD 1,2,5 Banyuasri-Singaraja. E-Jornal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1).

Lambertus, La Arapu dan Tandri Patih. 2013. Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 73-82.

Mualimah, Eka Nurul dan Usmaedi. 2018. Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kubanglaban. JPSD, 4 (1), 43-54.

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursidik, Elly’s Mersina,. Nur Samsiyah dan Hendra Erik Rudyanto. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia. 4 (1), 22-23.

Neka, I Ketut,. AAIN Marhaeni dan I Wayan Suastra. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus Viii Kecamatan Abang. Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1), 1-11.

Permatasari, Norhayati Endah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2), 96-104.

Prawiro, Sasmito Adi dan Andjrah Hamzah Irawan. 2012. Perancangan Media Interaktif lmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. Jurnal Sains dan Seni.1 (1), F-28–F-39.

Ramadhani, Dini dan Nuyanis. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. JPSD, 4 (1), 55-62.

Rianti, Luh & Lukman Nulhakim. 2017. Pengaruh Penerapa Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3 (1), 64-73.

Rosna, Andi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (6), 235-246.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sekar, Desak Ketut Sarining,. Ketut Pudjawan dan I Gd Margunayasa. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Pameron Kecamatan Buleleng. Jurnal PGSD. 3 (1).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wati, Nanik Istika, Sri Utaminingsih, dan Fina Fakhriyah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri Pasuruhan Pati. Jurnal Refleksi Edukatika. 5 (1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id