MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 SD MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA GAMBAR SERI

Wahyu Bagja Sulfemi, Hilga Minati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada peserta didik SD Negeri Pitara 2 Kota Depok yang berjumlah 38, terdiri dari 18 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Pitara 2 dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan media gambar seri. Hasil pembelajaran Prasiklus dengan KKM 75 diperoleh rerata kelas 63,8. Pada Siklus I nilai rerata kelas 70,8, yang tuntas dalam belajar berjumlah 23 atau 60,5 %. Dari data pengamatan sebanyak 25 orang 66%, atau dapat menjawab dengan benar dan yang tidak dapat menjawab dengan benar 13 orang atau 34%. Pada Siklus II hasil nilai rerata kelas adalah 80. Data pengamatan hasil belajar juga menunjukkan peningkatan yaitu sebanyak 32 orang atau 84% menjawab dengan benar, dan yang tidak dapat menjawab dengan benar ada 6 atau 16%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan Picture and Picture dan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan dan motivasi bagi peserta didik. 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Picture and Picture, Gambar Seri.

 

Abstract. This research is a Classroom Action Research (PTK) conducted on the students of the State Elementary School Pitara 2 Depok City amounting to 38, consisting of 18 men and 20 women. This study aims to improve the learning outcomes of students in grade 3 SD Negeri Pitara 2 by using the model of learning picture and picture and media drawing series. Results of pre-cycle learning with KKM 75 obtained the average class 63.8. In Cycle I the grade average of 70.8, which completed in study amounted to 23 or 60.5%. From observation data as many as 25 people 66%, or can answer correctly and who can not answer correctly 13 people or 34%. In Cycle II the result of grade grade is 80. Observation data of learning result also shows improvement that is as many as 32 people or 84% answer correctly, and who can not answer correctly there is 6 or 16%. Thus learning using Picture and Picture and series image media can improve learning outcomes, liveliness and motivation for learners.

Keywords: Learning Outcomes, Picture and Picture, Picture Series


Full Text:

PDF

References


Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6 M Di Sekolah Dasar. JPSD. 3 (1), 42-52.

Anitah, S. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Fatimah1, Soewarno, dan Suci. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 1 (2). 1-10.

Fauzi, Rahmat. Dwiastuti, dan Sri Harlita. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi. 3 (3). 79-87.

Gunadi, K. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Fakultas Teknik dan Kejuruan Pendidikan Ganesha, 1 (3). 67-79.

Hendracipta, Nana., Syachruroji, A., & Hermawilda. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Dengan strategi Ekspositori. JPSD, 3 (1), 33-41.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Handayani, D., Bintari, H.S. & Lisdiana. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Spesimen Pada Materi Invertebrata. Journal Of Biology Education. 2, (3), 1-11.

Isman, 2013. Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (3). 1-13

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Ngongo, Khristoforus Palli dan Abdul Gafur. 2017. Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM) dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4, (1). 101-112.

Prihatiningsih Eko dan Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD. 4 (1). 1-14.

Permatasari, Norhayati Endah (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104

Rianti, Luh & Nulhakim, Lukman. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3 (1), 64-73.

Riyono, B., & Retnoningsih, A. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. journal of Biology Education. 4. (2). 15-26.

Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Solchan, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2016 Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho. 5 (2). 52-70

Sa’adah, Jamilatus. 2017. Metode Pembelajaran “Picture and Picture” Dalam Menulis Teks Cerita Fiksi Novel Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/ MA/ SMK/ MAK Kelas X11 Semester 2 Kurikulum 2013. Bahastra, 37 (1), 45-48.

Sediasih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran PKN dikelas V SDN. Karya Wangi 2. JPSD. 3 (1). 74-81

Wardani, IGAK. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Widianto, Eko. dan Subyantoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3R Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. JPBSI. 4, (1). 86-96

Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina dan Permatasari, Anisa. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. JPSD Vol. 4 (1). 1-14.

Yuliana, Rina, Cahyani, Isah. & Sastromiharjo, Andoyo. 2015. Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1 (2). 98-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPSd: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: jpsd@untirta.ac.id