MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 SD MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA GAMBAR SERI

Wahyu Bagja Sulfemi, Hilga Minati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada peserta didik SD Negeri Pitara 2 Kota Depok yang berjumlah 38, terdiri dari 18 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Pitara 2 dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan media gambar seri. Hasil pembelajaran Prasiklus dengan KKM 75 diperoleh rerata kelas 63,8. Pada Siklus I nilai rerata kelas 70,8, yang tuntas dalam belajar berjumlah 23 atau 60,5 %. Dari data pengamatan sebanyak 25 orang 66%, atau dapat menjawab dengan benar dan yang tidak dapat menjawab dengan benar 13 orang atau 34%. Pada Siklus II hasil nilai rerata kelas adalah 80. Data pengamatan hasil belajar juga menunjukkan peningkatan yaitu sebanyak 32 orang atau 84% menjawab dengan benar, dan yang tidak dapat menjawab dengan benar ada 6 atau 16%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan Picture and Picture dan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan dan motivasi bagi peserta didik. 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Picture and Picture, Gambar Seri.

 

Abstract. This research is a Classroom Action Research (PTK) conducted on the students of the State Elementary School Pitara 2 Depok City amounting to 38, consisting of 18 men and 20 women. This study aims to improve the learning outcomes of students in grade 3 SD Negeri Pitara 2 by using the model of learning picture and picture and media drawing series. Results of pre-cycle learning with KKM 75 obtained the average class 63.8. In Cycle I the grade average of 70.8, which completed in study amounted to 23 or 60.5%. From observation data as many as 25 people 66%, or can answer correctly and who can not answer correctly 13 people or 34%. In Cycle II the result of grade grade is 80. Observation data of learning result also shows improvement that is as many as 32 people or 84% answer correctly, and who can not answer correctly there is 6 or 16%. Thus learning using Picture and Picture and series image media can improve learning outcomes, liveliness and motivation for learners.

Keywords: Learning Outcomes, Picture and Picture, Picture Series


Full Text:

PDF

References


Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6 M Di Sekolah Dasar. JPSD. 3 (1), 42-52.

Anitah, S. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Fatimah1, Soewarno, dan Suci. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 1 (2). 1-10.

Fauzi, Rahmat. Dwiastuti, dan Sri Harlita. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi. 3 (3). 79-87.

Gunadi, K. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Fakultas Teknik dan Kejuruan Pendidikan Ganesha, 1 (3). 67-79.

Hendracipta, Nana., Syachruroji, A., & Hermawilda. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Dengan strategi Ekspositori. JPSD, 3 (1), 33-41.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Handayani, D., Bintari, H.S. & Lisdiana. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Spesimen Pada Materi Invertebrata. Journal Of Biology Education. 2, (3), 1-11.

Isman, 2013. Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (3). 1-13

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Ngongo, Khristoforus Palli dan Abdul Gafur. 2017. Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM) dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4, (1). 101-112.

Prihatiningsih Eko dan Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD. 4 (1). 1-14.

Permatasari, Norhayati Endah (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104

Rianti, Luh & Nulhakim, Lukman. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3 (1), 64-73.

Riyono, B., & Retnoningsih, A. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. journal of Biology Education. 4. (2). 15-26.

Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Solchan, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2016 Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho. 5 (2). 52-70

Sa’adah, Jamilatus. 2017. Metode Pembelajaran “Picture and Picture” Dalam Menulis Teks Cerita Fiksi Novel Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/ MA/ SMK/ MAK Kelas X11 Semester 2 Kurikulum 2013. Bahastra, 37 (1), 45-48.

Sediasih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran PKN dikelas V SDN. Karya Wangi 2. JPSD. 3 (1). 74-81

Wardani, IGAK. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Widianto, Eko. dan Subyantoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3R Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. JPBSI. 4, (1). 86-96

Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina dan Permatasari, Anisa. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. JPSD Vol. 4 (1). 1-14.

Yuliana, Rina, Cahyani, Isah. & Sastromiharjo, Andoyo. 2015. Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1 (2). 98-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id