UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Hari Setiyawan, Tri Nova Hasti Yunianta

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada ranah kognitif mata pelajaran PKn. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari minimya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give (TAG) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas v. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Mangunsari 07 Salatiga yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada ranah kognitif mengalami peningkatan setelah diterapkanyan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. pada siklus I skor rata-rata siswa termasuk kategori sedang sementara pada siklus II rata-rata skor siswa termasuk kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan setelah diterapkanya model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give.

 

Kata Kunci : Take And Give, hasil belajar PKn

 

This research is motivated lack of student learning result in the cognitive domain Civics subjects. Low student learning result can not be separated from minimya involvement of students during the learning process. The research is focused on improving learning result through the implementation of cooperative learning Take and Give (TAG) model. This study to improve learning result Civics Education fifth grade students. In this study, the method used is a Class Action Research (CAR). Subjects in this study were students of class V Elementary School 07 Salatiga Mangunsari amounting to 24 people. Data collection techniques used in the form of tests and observation. Based on the results of the study, found that student learning result in the cognitive domain has increased after application cooperative learning Take and Give model, in the first cycle of the average score students  medium category while the second cycle of the average scores of students including higher category. This shows that student learning result in the cognitive aspects of the increase after application cooperative learning Take and Give model.

Keyword : Take And Give, learning outcomes Civics


Full Text:

PDF

References


Adiani Ni Putu, Windha. 2016. . Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 1 Penglantan Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (3), 1-10.

Destiyandani, Era. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Number heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Tuntang Pada Materi Segitiga. Satya Widya, 32 (2), 65-78.

Handini, Tri. 2015. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Metode Sosiodrama di kelas 5 Sd Tlompakan 01 Tuntang. Scholaria, 5 (30, 120-135.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jakni. 2014. Pendidikan Kewarganegaran Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Remaja.

Mashudi. 2016. Penerapan pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang. JPSD, 2 (10), 50-63

Mediatanti, Nani. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas 7 D SMP Negeri 1 Japah Kecamatan Japah Kabupaten Blora Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Satya Widya, 29 (1), 47-52.

Prihastin, Uchti. 2016. Penerapan Take and Give untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pedagogik, 4,(8), 20-35.

Ribawati, Eko. 2015. Pengaruh Penggunaan Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala, 1 (1), 15-25.

Rumini. 2016. Upaya peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagi Pekerjaan Melalui Model Dicovery Learning Siswa Kelas 4 SDN Kutoharjo 01 pati Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Ajaran 2014-2015. Scholaria, 6 (1), 19-40.

Sendiasih. 2017. Meningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Macth Pada mata Pelajaran PKn Di kelas V SDN Karyawangi 2. JPSD, 3 (1), 74-81.

Setyorini. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatife Tipe Teams-Games-Tournament (TGT0 dan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XI MAN Temanggung Semester Ganjil tahun Pelajaran 2012/2013. Satya Widya, 29 (1), 58-64.

Sukaptiyah Sri. 2015. Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model-Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria, 5 (1), 114-121

Tampubolon, Saur M. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Erlangga.

Taurina, Nova Dinda & Wasitohadi. 2015. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas 5 SdN Lodoyong 03-Ambarawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Scolaria, 5 (2), 15-35.

Tri Muah. 2016. Peningkatan hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A match Bagi Siswa Kelas VIIIG Negeri 2 Tuntang kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Satya Widya, 12 (2) 138-143

Usmaedi & Alamsyah, Trian Pamungkas. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Contektual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar dan Self-Esteem Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn). JPSD, 2 (2), 215-223

Wahyunitasari, Tri. 2014. Take and Give dengan Media Grafis Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Pedagogik, 2, (2), 12-25.

Wardani, IG.A.K. 2009. Perspektif Pendidikan SD. Jakarta. Universitas Terbuka

Wasitohadi. 2014. Hakekat Pendidikan dalam Perspektif John Dewey tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30 (1), 49-61.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPSd: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: jpsd@untirta.ac.id