JIGSAW COOPERATIVE LEARNING MODEL USING AUDIOVISUAL MEDIA TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES

Wahyu Bagja Sulfemi, Yasinta Kamalia

Abstract


This research is a classroom action research that aims to improve student learning outcomes in Social Sciences learning by using a jigsaw cooperative learning model with the help of audiovisual media. The study was conducted at the Al-Hamidiyah Integrated Islamic Elementary School Class III Khalid Bin Walid, amounting to 25 people consisting of 14 men and 11 women. The research was carried out starting from the lack of student learning outcomes in learning, from the results of the worksheets given to students there are about 56% of students who are still below the Maximum Mastery Criteria that is set that is 75. Together with colleagues to improve learning by two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Data collected in this study are quantitative data in the form of learning outcomes. The results of this study's data analysis showed an increase in the percentage of student learning outcomes also increased, from 60% in cycle 1 to 80% in cycle 2. The results of this study can be concluded that the use of the Jigsaw Cooperative Learning Model assisted with audiovisual media can improve learning outcomes.

 

Keywords: jigsaw; audiovisual; and learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Damanhuri, Zerri.dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal JPSD Untirta. 2 (2), 156-165.

Elly, Sukmanasa., dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal JPSD Untirta. 3 (2). 171-185.

Gunadi, K. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Fakultas Teknik dan Kejuruan Pendidikan. Ganesha, 1 (3). 67-79.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ismiyatun, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres 2. Tomini. 4 (6). 119-132

Jamalong, Ahmad dan Indajati. 2015. Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21 (1) 27-38.

Jayusman, M. Iyus, dan Oka Agus Kurniawan Shavab. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Calon Guru Sejarah. Jurnal Candrasangkala. 4 (2). 116-132

Kesumaningrum. Citra Nur, dan A. Syachruroji. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Ekspositori Pada Konsep Energi. Jurnal JPSD Untirta. 2 ( 2). 181-191.

Masitoh, dan Dewi Laksimi. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia

M, Talakua dan Tehupuring J.F. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Siswa SD Kelas IV. Jurnal JPSD Untirta. 2 (2), 138- 146.

Novita, Resmi. 2014. Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi Dalam Meningkatkan Operasi Perkalian Bagi Anak Berkesulitan Belajar. E-Jupekhu. 3 (3). 192-204

Prihatiningsih Eko dan Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picturedan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal JPSD Untirta. 4 (1). 1-14.

Suparman, Rosita Wondal dan Susilawati Djamrud. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal ßioêdukasi, 3 (1) 293-298

Sardiyo, dkk, 2014. Strategi Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sarjana, Sri dan Nur Khayati. 2016. Pengaruh Etika, Perilaku, dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1 (3). 379-393.

Suryanto, Adi. 2016. Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Sediasih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran PKN dikelas V SDN. Karya Wangi 2. Jurnal JPSD Untirta. 3 (1). 74-81.

Setiyawan, Hari, Tri Nova Hasti Yunianta. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPSD Untirta Vol. 4 (2), 162-174.

Sulfemi, Wahyu Bagja dan Minati, Hilga. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri. Jurnal JPSD Untirta. 4 (2), 228- 242.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (2).

Sulfemi, Wahyu Bagja. dan Yuliani, Nunung. 2019. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. 7(2).73-84.

Sulfemi, Wahyu Bagja., & Yuliana, Desi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 17-30.

Sulfemi, Wahyu Bagja dan Mayasari, Nova. 2019. Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan. 20. (1). 53-68.

Yuliana, Rina, Cahyani, Isah. & Sastromiharjo, Andoyo. 2015. Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1 (2). 98-108).

Windiyani, Tustiyana Lina Novita, Anisa Permatasari. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPSD Untirta. 4 (1). 91-101.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v6i1.4919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id