PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG

Mashudi Mashudi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada ranah kognitif mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata ujian dan pretest yang tidak memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari minimnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada ranah kognitif melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan prestasi belajar siswa pada ranah kognitif sebagai hasil penerapan RME. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang sikap siswa terhadap pembelajaran matematika realistik. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Kiarapandak 01 Kec. Sukajaya Kab. Bogor yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, jurnal siswa, tes, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada ranah kognitif secara umum mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan RME. Pada siklus I skor rata-rata gain ternormalisasi pada pretest dan akhir siklus I skor rata-rata siswa termasuk kategori rendah. Sementara pada siklus II skor rata-rata siswa gain ternormalisasi pada siklus I dan akhir siklus II  skor rata-rata siswa termasuk kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan RME.

 

Kata kunci : pembelajaran matematika realistik, hasil belajar.

 

 

Abstract. This research is motivated lack of student learning outcomes in the cognitive domain of mathematics. This is demonstrated by the average score of the test and pretest that do not meet the value of Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Low student learning outcomes can not be separated from the lack of involvement of students during the learning process. This study focused on efforts to increase student achievement in the cognitive approach through the implementation of Realistic Mathematic Education (RME). The purpose of this study is to get an idea of the increase in student achievement in the cognitive domain as a result of the application of RME. In addition, this study also aimed to get an overview of students' attitudes toward learning mathematics realistic. In this study, the research method used is the Classroom Action Research; Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjects in this study were students of class V SDN Kiarapandak 01 Sukajaya District Bogor City totaling 25 people. Data collected through questionnaires, student journals, tests, and observation sheet. Based on the results of the study, found that student learning outcomes in the cognitive domain in general has increased after the implementation of RME approach. In the first cycle the average score of students gain is normalized on pretests and the end of the first cycle of the average score of students included a lower category. While on the second cycle the average score of students gain is normalized in the first cycle and the end of the average score of students included a high category. This shows that student learning outcomes on cognitive aspects increased after the implementation of RME approach.

 

Key word: Realistic Mathematic Education (RME), learning outcomes.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPSd: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: jpsd@untirta.ac.id