PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI FIKSI ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR

Mika Istova, Tatat Hartati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film animasi fiksi islami untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah siswa di sekolah dasar di Kota Bandung, sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pretest pada kelas eksperimen menggunakan media film animasi fiksi islami dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional sangat rendah. Setelah diberikan perlakuan ternyata terjadi peningkatan pada kedua kelompok baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada saat postest. Namun peningkatan lebih baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan media film animasi fiksi islami dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran secara konvensional.

 

Kata Kunci: kemampuan menyimak dan berbicara, media film

 

  

 

Abstact: This study is aimed to find out the influence of Islamic fiction animation film media to enhance listening and speaking ability of elementary school students.  This study use experiment quasi with pretest and posttest control.  Subject of this study are elementary school students in Bandung City with total of 60 students who are divided into two classes namely experiment class and control class. The result of study show that in pretest, experiment class use Islamic fiction animation film and control class use low conventional learning.  After treatment is given, there is enhancement in two groups both in experiment class and control class in posttest. But there is better enhancement in experiment class who use Islamic fiction animation film media compared with control class who only use conventional learning.

 

Key Word: listening and speaking ability, movie medi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id