MASALAH MOTIVASI BELAJAR SISWA SD PADA IPS

Erlisnawati Erlisnawati

Abstract


Masalah Motivasi Siswa SD pada ilmu pengetahuan Sosial. Motivasi adalah hal yang sangat penting yang mempengaruhi kegiatan / pekerjaan yang dilakukan oleh individu, termasuk yang mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar. Motivasi adalah salah satu elemen yang paling penting dalam pengajaran yang efektif. Pembelajaran diikuti oleh siswa yang termotivasi untuk menjadi benar-benar menyenangkan, terutama untuk guru. Siswa termotivasi untuk belajar sesuatu akan menggunakan proses kognitif yang lebih tinggi belajar dan menyerap dan mengingat lebih dari itu. Motivasi sebagai proses internal yang memungkinkan, membimbing dan mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Ada beberapa teori motivasi yaitu: teori perilaku, teori kebutuhan, teori atribusi, teori belajar mandiri dan teori harapan. Motivasi dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstinsik. Guru harus mengetahui kondisi ketika siswa termotivasi dan ketika kondisi siswa tidak termotivasi. Untuk itu seorang guru harus memiliki kemampuan untuk memotivasi siswa. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi guru untuk meningkatkan siswa adalah untuk membangkitkan minat, menjaga rasa ingin tahu, menggunakan berbagai cara yang menarik menyajikan, membantu siswa menentukan target mereka sendiri. Pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan mitivasi tinggi akan menciptakan proses pembelajaran yang efektif.


Kata kunci: masalah, motivasi, ilmu pengetahuan sosial, sekolah dasar

Motivation is a very important thing that affects the activities / work performed by the individual, including that affect students in learning activities. Motivation is one of the most important elements in effective teaching. Learning followed by students who are motivated to be really fun, especially for teachers. Students are motivated to learn something will use higher cognitive processes learn and absorb and remember more of it. Motivation as internal processes that enable, guide and sustain behavior over time. There are several theories in motivation namely: behavioral theory, the theory of necessity, attribution theory, independent learning theory and the theory of hope. Motivation is influenced by intrinsic factors and factors ekstinsik. Teachers must know the conditions when students are motivated and when the condition of the students are not motivated. For that a teacher must have the ability to motivate students. As for how that can be done to motivate teachers to improve student is to arouse interest, maintaining curiosity, using a variety of interesting ways of presenting, help students determine their own targets. Learning undertaken by students with high mitivasi will create effective learning process.


Keywords: Problems, Motivation, Social Studies, Elementary Students.



Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id