PENERAPAN STRATEGI PARTISIPATIF MELALUI MEDIA GAMBAR DENAH DAN KARTU PANCING FOTO DALAM PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR

Rina Yuliana, Isah Cahyani, Andoyo Sastomiharjo

Abstract


Salah satu faktor yang membuat pemahaman konsep siswa tidak terbentuk secara utuh dan komprehensif adalah pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar. Terlebih lagi pembelajaran berbicara pada pelaksanaan maupun penilaiannya tidak sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran awal pembelajaran pemahaman konsep dan berbicara dengan menggunakan strategi partisipatif melalui media gambar denah dan kartu pancing foto.

Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode Pra-eksperimen desain Perbandingan Kelompok Statis atau Rancangan Postes Terhadap Kelompok-Kelompok Non-Ekuivalen (Statistic Group Comparison or Postest Only With Nonequivalent Groups). Subjek penelitian dalam penelitian ini mengambil sampel penelitian, kelas IV-A SDN Layungsari 1 kota Bogor sebagai kelompok eksperimen dan dan kelas IV-B SDN Bubulak kota Bogor sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random sampling. Jumlah sampel pada kedua kelompok populasi diambil jumlah yang sama yaitu 21 orang.

Berdasarkan hasil uji t-tes, hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara hasil postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta terdapat perbedaan kemampuan berbicara antara hasil postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.  Direkomendasikan untuk dilakukan kajian lebih lanjut mengenai pembelajaran pemahaman konsep dan berbicara dengan menggunakan strategi  partisipatif melalui media gambar denah dan kartu pancing foto.

 

Kata Kunci: Strategi partisipatif, Pemahaman konsep, Pembelajaran berbicara

 

One of the factors that make students' understanding of the concept is not formed completely and comprehensively is learning that does not  accordance with the characteristics of the development of elementary school students. Moreover, learning to speak on the implementation and the assessment does not accordance with the competence to be achieved. This research aimed to obtain an overview of early learning understanding of the concept and talking by using  participatory strategy through media ” gambar denah” and “kartu pancing foto”. This research is a quantitative approach using pre-experimental comparison group design Static or design Postes Groups Against Non-Equivalent (Statistics Group Comparison or posttest Only With Nonequivalent Groups). The research subjects in this study took a sample of research, class IV-A SDN Layungsari 1 Bogor as the experimental group and class IV-B and SDN Bubulak Bogor as a control group. The sampling technique using non-random sampling. The number of samples in both groups were taken the same number of population is 21 people. Based on the test results of t-test, the results showed there are differences between the understanding of the concept of post-test results of the experimental group and the control group, and there are differences in speech between the results posttest experimental group and the control group. Recommended for further study on the understanding of the concept of learning and talking using a participatory strategy through media “gambar denah” and “kartu pancing foto”.


Keywords: Participatory strategy, Understanding of the concepts, Learning to speak.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id