POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENERAPAN MUTU BAHASA METODE SENTRA (Studi di SDIT Harapan Bunda Purwokerto)

Seli Dewi Lestari, S. Bekti Istyanto

Abstract


Komunikasi menjadi salah satu aspek terpenting di dalam mengukur sebuah keberhasilan tujuan pendidikan itu sendiri. Untuk menciptakan karakter yang baik dan jiwa yang kokoh pada siswa di lingkungan pendidikan dalam hal ini sekolah, diperlukan terciptanya suasana lingkungan pendidikan yang harmonis dan dinamis. Hal tersebut dapat tercipta jika terbangun koordinasi dan komunikasi dua arah yang kuat antara guru dan siswa. Pembentukan karakter siswa tersebut akan tercapai apabila adanya komunikasi yang baik, efektif dan bermutu. Pola komunikasi guru dan siswa berbasis pendidikan karakter dengan penerapan mutu bahasa metode sentra. Penelitian ini  bertujuan untuk mengkaji pola komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa dalam pembangunan karakter siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu: observasi melalui pendekatan partisipatif, wawancara dan dokumen. Penelitian ini melibatkan empat orang koresponden sebagai informan. Mereka adalah ketua Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto, Wali Kelas 1 Dewi Sartika A dan B, dan wali murid. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran sentra dengan penerapan mutu berbahasa lima kontinum, yaitu: Visually Looking On (VLO), Non Directive Statement (NDS), Question (Q), Directive Statement (DS) dan Physical Intervention.


Keywords


Pola Komunikasi, Pendidikan Karakter, Mutu Bahasa, Metode Sentra.

Full Text:

PDF (21-31)

References


Referensi

Arifin, A. (2013). Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Baraja, Abdulkadir. (2017). Kaderisasi Sejak Dini. Surabaya: YLPI Al Hikmah.

Burhanuddin, Auliya. (2019). Membangun Karakter Siswa, Guru Dapat Lakukan 7 Hal Berikut. Diakses dalam https://siedoo.com/berita-24826-membangun-karakter-siswa-guru-dapat-lakukan-7-hal-berikut/

Bredekamp, S., & Copple, C. (1997). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs (Revised Edition). Washington DC: NAEYC.

Effendy, Onong Uchyana. (2014). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewiki, Santi. & Hardini, Sri Yuniati Putri Koes. (2014). Modul 1 Universitas Terbuka. Diakses dalam http://repository.ut.ac.id/4084/1/MKDU4112-M1.pdf

Hardjana, Agus M. (2007). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Istiyanto, S. Bekti. (2015). Komunikasi Antar Pribadi. Purwokerto: Literasi Bangsa

KBBI Online. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta diakses dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Mirnawati, Lilik Binti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya Pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Pedagogia: Jurnal Pendidikan Volume. 6, No. 1, Februari 2017. Diakses dalam Website: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/index

Nanda Ayu S. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017. Medan.

Nofrion. (2018). Komunikasi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nugraha, AP dan Istiyanto, S. Bekti. (2016). Revolusi Belajar Sebagai Strategi Komunikasi Instruksional Ganesha Operation. Jurnal Widya Komunika 6 (2), 61-70. Purwokerto: Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsoed. Diakses dalam http://komunikasi.unsoed.ac.id/sites/default/files/PENINGKATAN%20KINERJA%20KEPALA%20SEKOLAH%20DALAM%20PENGEMBANGAN%20PROGRAM%20PBP%20MELALUI%20SUPERVISI%20BERKELANJUTAN%20DI%20SMA%20BINAAN%20KABUPATEN%20BANYUMAS-Hery%20Pratomo.pdf.

Rakhmat, Jalaluddin dan Ibrahim, Idi Subandy. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya

Renald Kasali. (2019). SENTRA Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini, Demi Masa Depan Yang Cemerlang. Bandung: Mizan.

Sari, DM dan Istiyanto, S. Bekti. (2015). Metode Instruksional Program Komputer Dengan JAWS Pada Kelayan Tunanetra Di PTN Penganthi Temanggung. Jurnal Widya Komunika 5 (1), 50-66. Purwokerto: Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsoed. Diakses dalam http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/issue/view/http%3A%2F%2Fkomunikasi.unsoed.ac.id%2Fnode%2F100.

Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan. Penerjemah Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.

Sudjarwo. (2011). Metodologi penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Syahputra, Idham. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian sosial keagamaan, Vol.17, No.1 Januari-Juni 2014. Diakses dalam http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/813.

Tasmara, Toto. (1997). Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaga Media Pratama.

Wismiarti Tamin. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Metode Sentra. Jurnal Akrab, Volume 1, Edisi. 3, September 2010. Jakarta.

Yusuf, Pawit M. (1990). Komunikasi Pendidikan dan Intruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v2i1.7873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.