Evaluasi Potensi Bahaya dan Risiko Kerja pada Aktivitas Cleaning Tanki

Fazrul Syalam Chusada, wahyu Susihono

Abstract


PT. VTM merupakan salah satu perusahaan jasa yang penyedia tanki storage asal Belanda. Aktivitas cleaning tanki merupakan salah satu aktivitas yang ada di PT VTM yang memilikipotensi bahaya dan tingkat risiko yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bahaya apa saja yang ada dalam aktivitas cleaning tanki,menilai risiko yang terjadi dari potensi bahaya yang ada dan mengetahui akar penyebab dari risiko yang ada. Pada penelitian ini menggunkan JSA, HIRA dan FTA. Pada analisa dengan menggunakan JSA di dapatkan bahwa banyak sekali potensi bahaya yang mungkin terjadi pada aktivitas cleaning tanki ini,dan berdasarkan hasil penilaian dengan menggunakan HIRA didapat bahwa tingkat risiko masuk kedalam kategori trivial sampai dengan moderate, dimana kategori moderate tersebut terdapat pada risiko keracunan pada aktivitas pencucian awal, tertimpa material pada aktivitas pemasangan scaffolding, dan tertimpa material pada aktivitas pembongkaran scaffolding. Kemudian dilakukan analisa kembali terhadap ketiga risiko tersebut dengan menggunakan FTA dengan maksud untuk mengetahui akar penyebab dari ketiga risiko tersebut. Pada risiko keracunan diketahui bahwa penyebab utamanya yaitu kurang perawatan, masker bukan untuk pekerjaan confined space, kabel ada yang terputus, blower tidak berputar, kabel tidak terhubung dengan sumber listrik, inspeksi tidak menyeluruh dan tidak ada informasi. Pada risiko tertimpa material pada aktivitas pemasangan scaffolding maupun pembongkaran scaffolding diketahui akar penyebabnya yaitu tidak ada display, spesifikasi tali pengangkat material tidak sesuai, pekerja ingin cepat selsai, pekerja melamun atau tidak konsentrasi, dan pekerja tidak fit.

Keywords


Cleaning Tanki ,JSA,HIRA, FTA

Full Text:

PDF

References


Ampuh, R., 2009, Manajemen Pabrik Pendekatan Sistem Untuk Efisiensi dan Efektivitas, Bumi Aksara, Jakarta Australian Standard / New Zealand Standard 4360 : 1999.

Risk Management Guidelines. Sydney, 1999 Australian Standard / New Zealand Standard 4360 : 2004. Risk Management Guidelines. Sydney, 2004

Fitriana, R., 2012. Kajian Risiko Keselamatan Kerja Pada Proses Overhaul Tanki Timbun LS Di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju-Sungai Gerong Palembang Tahun 2011. Skripsi. Depok:

FKM-UI Labombang, M., 2011. Manajemen Resiko Dalam Proyek Kontruksi, Jurnal SMARTek, Volume 9, hal. 39-46 March. 2011, Identifikasi Bahaya dengan Metoda Proaktif. From (http://www.konsultank3.com/identifikasi- bahaya-dengan-metoda-proaktif-218.html).

Online Access 28 mei 2013 March. 2012. Potensi Bahaya Pekerjaan Confined Space. From http://nuruddinmh.wordpress.com/2012/03/14/potensi-bahaya- pekerjaanconfined-space/.

Online Access 10 mei 2013 Nugroho, S. W. P., Pudjotomo, D., Dan Khoirina, T. T., 2011. Analisa Penyebab Penurunan Daya Saing Produk Susu Sapi Dalam Negeri Terhadap Susu Sapi Impor Pada Industri Pengolahan Susu (IPS) Dengan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Dan Barrier Analysis,

Jurnal, Volume VI, No 2 Poskota, Juni. 2012, Angka Kecelakaan Kerja Lima Tahun Terakhir Cendrung Naik.From http://www.poskotanews.com/2012/06/01/angka-kecelakaan- kerja-lima-tahun-terahir-cendrung-naik/Nasional. Online Access 20 Maret 2013

Purnama, D., 2012, Hazard Identification,Risk Assesment, and Determining Control (HIRADC). From (http://bbtklppjakarta.pppl.depkes.go.id/index.php/article/read/ hazard-identification-risk-asesment-and-determining-control- hiradc-). Online Access 20 Maret 2013.

Ramli, S., 2010. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Dian Rakyat. Jakarta. Scott, S., 2003. Hazards related to tank cleaning. From ttp://www.oreco.com/Solutions/Downloads/Industry articles/Hazards-related-to-tank-cleaning.aspx. Online Access 7 Mei 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i3.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.