Analisa Hubungan Intellectual Capital Terhadap Business Performance pada Industri Manufaktur

Deri Pertiwi, Putiri Bhuana Katili, Shanti kirana Anggraeni

Abstract


Pasar global diartikan bahwa Indonesia sudah go international. Indonesia yang merupakan negara penyedia human capital terbesar di Asia karena sumber daya manusia yang melimpah. Namun jumlah itu belum dibarengi dengan kualitas  yang sesuai tuntutan dunia pasar global. Tidak hanya dari segi human, namun termasuk customer, structural serta inovasi yang baik yang akan mampu membuat suatu perusahaaan unggul di era pasar global ini. Dari latar belakang masalah tersebut, dibutuhkan analisa mengenai hubungan antara intellectual capital terhadap business performance. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat hubungan antara human capital dan customer capital, mengukur tingkat hubungan antara human capital dan structural capital, mengukur tingkat hubungan antara customer capital dan structural capital, mengukur tingkat hubungan antara innovation capital dan structural capital, mengukur tingkat hubungan antara structural capital dan bussiness performance. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah structural equation modellingdengan tahapan spesifikasi model, identifikasi, estimasi, dan uji kecocokan dibantu dengan software LISREL. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif. Kecuali untuk hubungan antara human capital terhadap structural capital yang menghasilkan variance negative. Untuk hasil penelitian yang lainnya menunjukkan hubungan yang positif. Maka dapatdisimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berpengaruh baik dalam hubungan antara human capital terhadap customer capital dengan nilai muatan factor standar 0,98, customer capital terhadap structural capital dengan nilai muatan factor standar 0,60, innovation capital terhadap structural capital dengan nilai muatan factor standar 0,43, dan structural capital terhadap business performance dengan nilai muatan factor standar 0,78.

Keywords


SEM, Human Capital, Customer Capital, Structural Capital, Innovation Capital, Business Performance

Full Text:

PDF

References


Amiri, A.N., Jandaghi, G., dan Ramezan, M.2011.An Investigation To The Impact Of Intellectual Capital On Organizational Innovation. European Journal Of Scientific Research. Vol. 64 No. 3. pp. 472-477.

Atmadja, S.S. 2012. Inside The Giant Leap.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Bachtiar, M dan Idris, A.2010.Analisa Hubungan Kepuasan Kerja, Intensitas Turnover dan Produktifitas Karyawan Menggunakan Model Persamaan Struktural.Prosiding Seminar Nasional RITEKTRA 2010. Barnes, J.G. 2003.Secrets Of Customer Relationship Management.Yogyakarta: ANDI.

Bontis, N.2002.Intellectual Capital ROI : A Causal Map Of Human Capital Antecedents And Consequents. Journal Of Intellectual Capital. Vol. 3 No. 3. pp. 223-247. Collins, J. Good To Great. Tangerang : Karisma Publishing Group.

Juwita, A.2007.Pengaruh Human Capital Terhadap Business Performance Melalui Customer Capital.Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia.Vol. 4 No. 2.hal. 229-250.

Marlina. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening Dengan Metode SEM. Cilegon : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Rachmawati, D., Susanto, A., dan Ongkorahardjo, M.2008.Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal : Akuntansi Dan Keuangan. Vol. 10 No. 1. pp. 11-21 Santoso,S.2011.Structural Equation Modeling : Konsep Aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo Wijanto,S.H. 2008. Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8 Konsep dan Tutorial. Jakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i3.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.