Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Persepsi Dan Kepuasan Pasien dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien

Irsansyah Putra, Putiri Bhuana Katili, Faula Arina

Abstract


Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan. Rumah sakit ini menjadi pilihan utama untuk kalangan menengah ke bawah . Dengan harga yang terjangkau bahkan di ruang rawat inap kelas 3 gratis, RSUD Cilegon selalu ramai dikunjungi. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap persepsi dan kepuasan dalam upaya meningkatkan loyalitas pasien. Variabel laten terdiri dari kualitas pelayanan, persepsi, kepuasan dan loyalitas. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan tidak bisa mempengaruhi langsung terhadap kepuasan dan loyalitas. Setelah diolah melalui software lisrel, kualitas pelayanan mempengaruhi persepsi kemudian kepuasan dan berakhir di loyalitas. Pihak RSUD Cilegon seharusnya memberikan perhatian dan respon yang layak untuk pasien kalangan bawah yang dirawat di ruang rawat inap. Meskipun ruangan tersebut gratis, bukan berarti pelayanan yang diberikan tidak maksimal. Mulai dari kebersihan kamar mandi, fasilitas kipas angin serta respon perawat dalam menanggapi keadaan darurat harus ditinjau ulang. Apabila hal tersebut dapat diatasi maka akan membentuk persepsi yang positif serta memberikan kepuasan yang pada akhirnya pasien akan berkunjung kembali. 


Keywords


pelayanan, variabel, loyalitas

Full Text:

PDF

References


Asmita, P. 2008. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum. Thesis. Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat. Universitas Diponegoro. Semarang.

Bloemer, J.R., dan Pascal. “Investigating Drivers of Bank Loyalty: The Complex Relationship Between Image, Service

Quality and Satisfaction”. International Journal of Bank Marketing. MCB University Press, 1998; 276 – 286.

Elbany, A. 2009. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Pujasega Garut Jawa Barat. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB.

Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modeling:Teori Konsep dan Aplikasi dengan Program LISREL 8.80 Edisi 2. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.L., dan Black, W.C. 2010. Multivariate Data Analisis. Pearson Prentice Hall.

Lovelock, C. H. dan Lauren. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Indeks, Jakarta.

Notoatmojo, S. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Parasuraman, A., Zeithaml,V.A. and Berry, L.L (1988), “SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Vol.4(1).

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L (1985), “A Conceptual Model of Service Quality and it's mplications for Future Research”. Journal of Marketing, Vol. 4: 41-56.

Santoso,S,.2011. Structural Equation Modeling. Gramedia.Jakarta

Sharma, N dan Paul G. Patterson, 1999. “The impact of communication Effectiveness and Services Quality on

Relationship Commitment in Consumer, Professional Services”. The Journal Of Marketing. Vol. 13, No. 2.

Silalahi, M. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dalam Kaitannya dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Malahayati Medan. Thesis. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Tjiptono, F. 1996. Strategi Pemasaran. (Edisi I, Cetakan Pertama), Yogyakarta:Andi Offset.

Tjiptono,F.2008.Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset.

Utama, A. 2003. “Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit UmumCakra Husada Klaten”. Jurnal OPSI Volume 1 No.2 hal 96110.

Wijanto, H.S. 2008. Structural Equation Modeling Dengan Lisrel 8.8. Konsep danTutorial. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Wijono, D. 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Buku 1. Airlangga University Press. Surabaya

Yamin S. dan Kurniawan H. 2009. Structural Equation Modeling:Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner dengan Lisrel-PLS. Jakarta: Salemba Infotek.

Zeithaml., Valari, A., and Mary J.B.1996. Service Marketing. Mc. Graw Hill Co. New York




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.