Pengukuran Kinerja Kualitas Pelayanan Departemen Logistik dengan Metode OMAX

Marisa Satriansyah, Putiri Bhuana Katili, Shanti Kirana Anggraeni

Abstract


PT. X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelabuhan dan departemen logistic service yang merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi PT. Xnkarena berperan besar bagi perusahaan dalam bidang operasional dan jasa pelayanan pelabuhan yang merupakan produk inti dari PT.X. Kualitas pelayanan terhadap pelanggan adalah tujuan utama dari departemen tersebut, sehingga diperlukan pengukuran kinerja untuk mengetahui bagaimanakah kinerja pada departemen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kimerja pada departemen tersebut. Pengukuran kinerja pada penelitian ini menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) dimana pengukurannya difokuskan pada kriteria-kriteria inti, sehingga didapatkan kesimpulan departemen tersebut memiliki kinerja yang baik atau belum memuaskan ataupun buruk, yang selanjutnya diidentifikasi penyebab masalah pada kriteria tersebut dengan diagram fishbone dan diperbaiki dengan rancangan usulan perbaikan yang menggunakan metode 5W+1H. Berdasarkan hasil pengolahan data Januari 2012-Desember 2012 didapatkan Indeks Performansi departemen logistic service PT.X sebesar 8,055%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kinerja departemen logistic service PT. X tahun 2012 adalah  di bawah rata-rata atau masih di bawah kinerja standar.


Keywords


Objective Matrix (OMAX), pengukuran kinerja, pelayanan pelabuhan

Full Text:

PDF

References


Ferdiansyah H. 2008. Usulan Rencana Perbaikan Kualitas Produk Penyangga Duduk Jok Sepeda Motor Dengan Pendekatan Metode Kaizen (5w+1h) Di Pt. Eka Prasarana. Skripsi, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Guna Darma.

Griselda G Dan Panjaitan T.M. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Kepuasan Konsumen Restoran Pulau Dua. Jurnal Manajemen, Volume 2 No.1, Hal.39-60

Kaswan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Moeheriono. 2012. Perencanaan Aplikasi Dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama (Iku) Bisnis Republik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahmi G.D., Bakar A., Dan Desrianty A. 2012. Analisis Peningkatan Produktivitas Di Lantai Produksi Dengan

Menggunakan Metode Objective Matrix (Omax). Skripsi, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Itenas

Bandung.

Sinambela L.P. 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran Dan Implikasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i1.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.