Pengaruh Budaya Perusahaan, Kedisiplinan dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan dengan Metode Structural Equation Modeling

Nisa Afina, Faula Arina, Nurul Ummi

Abstract


PT. X adalah salah satu perusahaan yang membuat pipa baja las. Pipa baja las yang dihasilkan berupa pipa baja las spiral dan longitudinal. Pipa yang dihasilkan berupa pipa minyak, pipa gas, pipa air, dan pipa pancang. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan diketahui bahwa munculnya permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat produktivitas kerja karyawan tidak jarang terjadi karena kelalaian karyawan sendiri dalam menggunakan jam kerjanya untuk ngobrol, duduk-duduk, atau izin keluar kantor untuk urusan yang tidak ada kaitannya dengan tugas pekerjaannya. Dari permasalahan-permasalahan tersebut secara tidak langsung dapat menurunkan tingkat produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang berpengaruh terhadap produktivitas pada PT. X. Variabel pendukung untuk pengukuran produktivitas adalah variabel nilai budaya perusahaan, sikap kedisiplinan kerja, dan kepuasan kerja karyawan terhadap produktivitas. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai budaya perusahaan berpengaruh positif terhadap produktivitas, sikap kedisiplinan berpengaruh positif terhadap produktivitas dan kepuasan kerja pun berpengaruh positif terhadap produktivitas. Adapun yang menjadi pengaruh dominan dalam penelitian ini adalah  sikap kedisiplinan. 


Keywords


Budaya perusahaan, kedisiplinan, kepuasan kerja, produktivitas, Structural Equation Modeling (SEM)

Full Text:

PDF

References


Alfaidah, F., 2007, Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Koperas Agro Niaga Jabung Malang, Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Bayhaqi, Y., 2006, Analisis Pengaruh Layanan, dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Minat Membeli Ulang, Tesis, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Dwi, P., 2004, Hubungan Intellectual Capital, dan Businees Performance, Tesis, Fakultas Ekonomi, Jurusam Sains Akutansi Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, I., 2007, Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 16.0, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair, Joseph F., 2010, Multivariate Data Analysis, Pearson Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i2.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.