Model Hubungan Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Dengan Metode SEM

Niken Empina Putri, Muhammad Adha Ilhami, Ade Sri Mariawati

Abstract


 

PT. Krakatau Engineering (KE) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang EPC (Engineering, Procurement & Construction). Pada perusahaan kontruksi, kesehatan, keselamatan dan lingkungan kerja (K3L) sangatlah diperlukan demi menjamin keselamatan karyawan, untuk itu maka PT. KE membuat program-program mengenai K3L guna untuk mencegah kecelakaan. PT. KE pun telah mendapat sertifikasi mengenai K3L yaitu SMK3 (Sistem Manajemen K3), OHSAS 18001, ISO 14001:2004. PT. KE berharap dengan adanya program-program mengenai K3L dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui model hubungan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) terhadap produktivitas, dan menganalisis pengaruh hubungan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) terhadap produktivitas. Objek penelitian dilakukan pada perusahaan Engineering, Procurement & Construction (EPC) yaitu di PT. Krakatau Engineering (KE). Data yang digunakan berasal dari data kuesioner karyawan di office PT. KE sejumlah 100 responden, yang kemudian data direkap dengan perangkat lunak SPSS 16.0 dan Lisrel 8.30 untuk mengolah data secara statistic dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Sehingga berdasarkan pengolahan data dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja sebesar 0.77 dan 0.64. kesehatan dan keselamatan kerja mempengaruhi secara langsung produktivitas sebesar 0.42 dan 0.48.


Keywords


Kesehatan, Keselamatan, produktivitas, Structural Equation Modeling (SEM)

Full Text:

PDF

References


Endroyo, B. 2010. Faktor-faktor Yang Berperan Terhadap Peningkatan Sikap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Para Pelaku Jasa Kontruksi di Semarang, Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, Vol 12, No. 2, Hal 111-120.

Ferdian, N. 2008. Laporan Kerja Praktek, FT-Untirta: Teknik Industri. Cilegon.

Lestari, T. 2007. Hubungan keselamatan dan kesehatan(K3) dengan produktivitas kerja karyawan, Fakultas Ekonomi dan manajemen: Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Marlina. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening Dengan Metode SEM, Skripsi. Jurusan Teknik Industri Untirta. Cilegon.

Ridley, J. 2006. Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Erlangga: Jakarta.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja, CV. Mandar Maju. Bandung

Suardi, R. 2007. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. PPM. Jakarta.

Wignjosoebroto, dkk. 2008. Pendekatan Metode Structural Equation Moeling Untuk Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Dari Tinjauan Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Kerja Di PT. Barat Indonesia (Persero)-Gresik, Tesis. Pascasarjana Teknik Industri. Institut TEknologi Surabaya.

Wijayanto, S. H. 20008. Structural Equation Modeling, Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i2.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.