Usulan Penataan Ruang Parkir Dengan Pendekatan Simulasi Di Universitas X

Mochamad Saefullah, Muhammad Adha Ilhami, Kulsum Kulsum

Abstract


Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang tidak bersifat sementara (Keputusan Dirjen Hubda No. 272/HK.105/DRJD/96). Atau dengan kata lain Parkir merupakan suatu kondisi kendaraan yang berhenti dalam jangka waktu tertentu. Pengalokasian Ruang Parkir dalam kampus merupakan faktor penting dalam penataan kampus. Hal ini bertujuan supaya kendaraan-kendaraan yang berada di dalam kampus tidak parkir sembarangan, yang akan mengakibatkan kondisi dalam kampus yang tidak beraturan dan akan mengurangi keindahan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kendaraan motor dan mobil yang tidak mendapatkan tempat parkir (parkir yang tersedia) pada saat ini (2013), selain itu membuat usulan lokasi parkir agar ruang parkir saat ini mencukupi, dan Mengetahui kebutuhan luas parkir tambahan untuk tahun 2014 dengan asumsi kenaikan kendaraan berdasarkan peningkatan kendaraan di Badan Pusat Statistik (BPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan simulasi yang diolah menggunakan software Promodel. Dengan melihat rata-rata jumlah kendaraan yang masuk ke lokasi parkir sembarang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada simulasi eksisting terdapat 137 kendaraan motor dan 4 kendaraan mobil yang berada di lokasi sembarang, sehingga masih diperlukan lokasi parkir tambahan seluas 205 m2 untuk motor dan 46 m2 untuk mobil. Dengan usulan penambahan ruang parkir maka tidak ada lagi kendaraan yang masuk ke dalam lokasi parkir sembarang. Namun, kebutuhan ruang parkir pada tahun 2014 masih belum mencukupi, dimana masih membutuhkan lokasi parkir tambahan seluas 218 m2 untuk menampung mobil sebanyak 19 unit dan lokasi parkir tambahan seluas 220.5 m2 untuk menampung motor sebanyak 147 unit.

Keywords


Ruang Parkir, Simulasi, Lokasi Parkir Tambahan, Lokasi Parkir Sembarang.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2013. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis. Diperoleh 7 September 2013, dari http://www.bps.go.id

Direktur Jendral Perhubungan Darat. 1996. Pedoman Teknik Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan, Jakarta

Harrell, C. dkk. 2000. Simulation Using Promodel. McGraw-Hill Companies Inc,USA

Kakiay, T. J. 2004. Pengantar Sistem Simulasi. Andi, Yogyakarta

Law, A. M. dan Kelton W. D. (1991). Simulation Modeling and Analysis. The McGraw-Hill Companies Inc, New York.

Lesmana, R, F. 2011, Penentuan Kebutuhan Lokasi Parkir mobil dan motor dengan pendekatan simulasi di Fakultas Teknik. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon.(Tidak Publikasi)

Ristono, A. 2011. Pemodelan Sistem. Graha Ilmu, Yogyakarta

Simatupang, T. M. 1995. Teori Sistem. Andi Offset, Yogyakarta

Spiegel, R. Murray. 2009. Probability and Statistics Third Edition. The McGraw-Hill Companies Inc, New York.

Sutalaksana. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Institut Teknologi Bandung, Bandung

Suthanaya, P. A. 2010. Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Pusat Perbelanjaan Di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil. Volume 14, No. 01.

Walpole, R.E. 1995. Pengantar Statistik Edisi 3. PT Gramedia Pusaka Utama, Jakarta.

Wignjosoebroto, S. 2003. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Guna Widya, Surabaya

Zuhdi, A. 2004. Pelatihan Dasar Optimasi Proses Produksi Dengan Metode Simulasi. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v3i2.372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.