Pengaruh Human Capital terhadap Corporate Performance (Studi Kasus: Departemen Statistik BANK INDONESIA)

Arfan Tri Putra, Putiri B. Katili, Shanti Kirana Anggraeni

Abstract


Sebagai sebuah perusahaan atau corporate, perbankan tidak seperti pabrik atau perusahaan lainnya yang memiliki banyak asset, sementara perbankan yang bergerak di bidang jasa hanya memiliki beberapa asset dan salah satunya adalah sumber daya manusia, sumber daya manusia dalam perbankan memiliki peranan yang sangat penting apalagi pada Bank Sentral seperti BI asset sumber daya manusia bisa menjadi sebuah asset yang memegang peranan penting, demi menjalankan tugas sebagai Bank Indonesia dan mempengaruhi sukses atau tidaknya visi dan misi dari Bank Indonesia, oleh karena itu sumber daya manusia menjadi sebuah asset yang tak ternilai, salah satu unsur penting dalam pembicaraan sumber daya manusia sekarang adalah tentang intellectual capital. Intellectual capital ada dua hal, salah satunya adalah human capital. Human capital adalah pegawai yang berkompetensi, bernilai, sikap positif, motivasi tinggi, dan jujur. Maka dari itu dibutuhkan analisa mengenai pengaruh antara human capital ini terhadap corporate performance. Adapun penelitian ini menggunakan software metode SEM. Hasil yang didapat semua menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan selain dari pengaruh antara workgroup effectiveness terhadap corporate performance yang menghasilkan variance negative. Setelah dilakukan modifikasi syntax, maka didapatkan kesimpulan bahwa workgroup effectiveness memiliki pengaruh yang paling kuat jika dibandingkan dengan variabel lainnya dengan nilai muatan faktor standar sebesar 0,21 dan individual capability sebagai variabel dengan pengaruh yang paling lemah terhadap corporate performance ditunjukkan dengan nilai muatan faktor standar sebesar 0,10.


Keywords


Structural Equation Modelling, Human Capital, Corporate Performance, LISREL

Full Text:

PDF

References


Darmanto dan Toha,M.2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan. 2013. Booklet Perbankan Indonesia 2013. Jakarta: Bank Indonesia.

Endri.2010.Peran Human Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Jurnal Administrasi Bisnis (2010), Vol.6, No.2: hal. 179–190.

Juwita, A.2007.Pengaruh Human Capital Terhadap Business Performance Melalui Customer Capital.Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia. Vol. 4 No. 2. hal. 229-250.

Mayo, A., 2000. The Role of Employee Development in The Growth of Intellectual Capital, Personal Review, Vol. 29, No. 4.

Pertiwi,D.2013. Analisa Hubungan Intelectual Capital Terhadap Business Performance Pada Perusahaan Manufaktur Dengan Metode SEM Cilegon : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Tidak Publikasi).

Rachmawati, D., Susanto, A., dan Ongkorahardjo, M.2008.Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal : Akuntansi Dan Keuangan. Vol. 10 No. 1. pp. 11-21.

Santoso,S.2011.Structural Equation Modeling:Konsep Aplikasi dengan AMOS 18.Jakarta:PT.Elex Media Komputindo

Wijanto,S.H.2008.Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8 Konsep dan Tutorial.Jakarta : Graha Ilmu.

Yamin,S., dan Kurniawan,H.2009. Structural Equation Modeling:Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner dengan LISREL-PLS.Jakarta:Salemba Infotek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.