Usulan Setting Building Machine Terhadap Produk V-Belt Type KZL Menggunakan Metode Taguchi

Rizky Amdila, Faula Arina, Ratna Ekawati

Abstract


Penelitian dilakukan di PT. X dimana salah satu hasil produksinya adalah v-belt. V-belt tersebut merupakan tali pembangkit tenaga yang digunakan di bidang otomotif roda dua untuk transmisi automatic (motor matic).  Peneliti melakukan penelitian terhadap afkir atau cacat yang terjadi pada v-belt type KZL, type tersebut yang paling banyak terjadi afkir dibandingkan dengan 2 type yang lain yaitu KZR dan KVY. Tingkat afkir type KZL mencapai rata-rata per bulan 1905 pcs dengan total produksi rata-rata per bulan 112816 pcs atau sekitar 1,68% afkir diketahui. Afkir yang terjadi adalah bolong atau pinhole. Afkir pinhole terjadi karena belum didapatkan setting optimum terhadap building machine, kemudian kondisi lingkungan serta udara yang berdebu dan compound yang bergaris dan bergelombong. Tujuan dari penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang dapat dikendalikan beserta levelnya, kemudian menentukan faktor-faktor optimal dan menentukan setting optimal untuk building machine. Setting optimal building machine didapat berdasarkan fakto-faktor yang dapat dikendalikan beserta nilai levelnya yang optimal. Untuk mendapatkan hasil optimal terhadap faktor-faktor dan level maka penelitian ini menggunakan metode taguchi. Metode taguchi digunakan untuk meminimalkan pengaruh dari penyebab-penyebab perubahan (faktor tidak terkontrol) dengan tanpa menghilangkan penyebab-penyebab (faktor terkontrol) sehingga didapat rancangan yang kokoh (robust). Rancangan yang robust atau optimal untuk setting building machine dengan desain parameter diskrit yang didapat dari penelitian ini yaitu, afkir pinhole turun dari 21% menjadi 2,9% afkir yang terjadi atau kondisi v-belt yang tidak terjadi afkir pinhole naik dari 79% menjadi 97,1% .

Keywords


metode taguchi, setting mesin, desain parameter diskrit, afkir, building machine

Full Text:

PDF

References


Belavandram, N. 1995. Quality by Design : Taguchi Technics for Industrial Expermentation. First Edition, Prentise Hall, London.

Hidayat, A. 2007. Strategi Six Sigma Peta Pengembangan dan Kinerja Bisnis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Lindawati. 2009. Rekayasa Kualitas Dalam Penentuan Settingan Mesin Dengan Menggunakan Metode Taguchi. Majalah Ilmiah Maranatha, vol. 16, No. 2, Hal 6 – 17, Tahun 2009.

Montgomery, D.C. 2001. Design and Analysis of Experiment (5rd ed). New York : John Wiley & Sons, Inc.

Park, S. 1996. Robust Design And Analysis for Quality Engineering. Chapman and Hall. London.

Santoso, S. 2010. Kupas Tuntas Riset Eksperimen dengan Excel 2007 dan Minitab 15. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Setiawan, A. 2010. Perbaikan Kualitas Keramik Hias Menggunakan Metode Taguchi Di PT. ASTER DECORINDO ABADI. Tugas Akhir, Teknik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.

Soejanto, I. 2009. Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suhardini, P. 2011. Analisis Settingan Mesin Extruder Dalam Meningkatkan Kualitas Under Rubber Core (UCR) Mengginakan Metode Taguchi Di PT.Bando Indonesia. Tugas Akhir, Teknik Industri, Universitas Gunadarma.

Taguchi, G. Chowdhury, S. dan Wu, Y. 2005. Taguchi’s Quality Engineering Handbook. New Jersey : John Wiley & Sons,Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i4.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.