Analisis Bullwhip Effect dalam Sistem Rantai Pasok pada Produk LL-SR

Rosalina Sari, Muhammad Adha Ilhami, Bobby Kurniawan

Abstract


PT. Lotte Chemical Titan Nusantara adalah perusahaan pertama dan terbesar sebagai produsen Polyethylene (PE) di Indonesia. PE adalah salah satu polimer yang paling banyak digunakan untuk membuat berbagai produk plastik dari film kemasan dan wadah untuk komponen dan sejumlah industri. Salah satu produk unggulan yang ada di PT. Lotte Chemical Titan Nusantara adalah produk LL-SR. Produk LL-SR merupakan produk yang paling diminati oleh perusahaan karena proses pembuatannya menggunakan Etylen yang langsung dapat digunakan sehingga biaya produksinya lebih rendah daripada produk lain. Yang melatarbelakangi penelitian di PT. Lotte Chemical Titan Nusantara adalah adanya fenomena Bullwhip Effect yaitu terjadi fluktuasi  antara  order dan demand, persaingan pasar, dan Forecast yang dilalukan untuk target penjualan pada produk LL-SR. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung nilai Bullwhip Effect, menentukan peyebab utama terjadinya Bullwhip Effect dan menentukan usulan perbaikan order dan demand produk LL-SR. Penelitian ini dimulai dengan menghitung Bullwhip Effect pada dua eselon. Metode yang digunakan dalam peneleitian ini adalah Metode simulasi diskrit. Hasil penelitian ini yaitu Nilai Bullwhip Effect pada eselon 1 (Supplier dan PPIC) = 1.22 dan eselon 2 (PPIC dan distributor)= 0.78. Nilai tersebut menunjukan terjadinya bullwhip effect pada eselon 1 sedang eselon 2 tidak terjadi. Penyebab dominan adanya Bullwhip Effect adalah kenaikan harga material, persaingan pasar, forecast dilakukan untuk target penjualan dan peramalan permintaan masih belum mendekati akurat. Rancangan perbaikan yang diusulkan adalah melakukan karja sama long term dengan pihak supplier dan distributor sehingga mendapatkan jaminan harga yang tetap dan berkelanjutan. 

Keywords


Bullwhip Effect, Supply Chain, Simulasi Diskrit

Full Text:

PDF

References


Emeralda, I. 2012. Analisis Bullwhip Effect Sistem Supply Chain 4 Echelon Dan Rancangan Perbaikan Dengan Simulasi Powersim. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri. Untirta.

Heizer & Render. 2005. Manjemen Operasi Edisi 7. Jakarta : Salemba Empat.

Haryadi H,Erni Nofi. 2011. Pengukuran Bullwhip Effect Rantai Pasok. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri, Fakultas teknik, Universitas Esa Unggul.

Kurniasari, H. 2011. Analisis Bullwhip Effect Dalam Sistem Supply Chain Retailer Bulog. Skripsi. Jurusan Teknik Industri, Fakultas teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Cilegon

Lee H. L.,Padmanabhan V., Whang S. 1997. The Bullwhip Effect In Supply Chain. Pensylvania State University, Sloan Management Review Volume 38(3),pp,93-102

Pujawan. 2005. Supply Chain Management Edisi Pertama. Surabaya : Guna Widya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.