PENGARUH MASSA ADSORBEN LIMBAH SEKAM PADI TERHADAP PENYERAPAN KONSENTRASI TIMBAL

Wardalia Wardalia

Abstract


Limbah yang mengandung logam berat Pb adalah salah satu limbah Bahaya dan Berbahaya (B3) yang dalam konsentrasi tinggi dapat merusak lingkungan. Ambang batas timbal (Pb) dalam air adalah 1 mg / ltr. Salah satu alternatif pemisahan logam dari campuran atau solusinya adalah dengan menggunakan media adsorben dengan prinsip adsorpsi. Adsorpsi merupakan fenomena sifat permukaan yang timbul bila dua fase zat terjadi kontak. Salah satu bahan yang digunakan sebagai adsorben adalah sekam padi. Limbah sekam padi dapat digunakan sebagai adsorben karena memiliki kandungan selulosa tinggi, kandungan karbon tinggi dan kadar abu dan hidrogen rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan adsorpsi sekam padi dan untuk mengetahui kondisi optimum adsorpsi dengan memvariasikan jumlah massa adsorben. Tahap pertama dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki adsorben dengan ukuran 40 mesh, kemudian diaktivasi dengan NaOH kemudian dipanaskan dengan suhu 110 oC selama 2 jam. Tahap kedua dari uji adsorpsi dengan mencampur adsorben sekam ke dalam larutan Timbal Asetat 1000 ppm dengan pengadukan selama 2 jam. Dari penelitian ini, hasil penurunan konsentrasi larutan limbah buatan menjadi 73 ppm dengan ion timbal yang teradsorpsi sebanyak 927 kg Pb / kg sekam padi, adsorben optimum terjadi pada waktu aktivasi 1 jam dengan massa 2 gram. 

Keywords


Sekam padi; limbah; timbal; adsorpsi;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andi, dkk. 2012. Isolasi dan Karakterisasi Silika dari Sekam Padi. Laporan Penelitian. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.

Apriliani, Ade. 2010. Pemanfaatan Arang Ampas Tebu sebagai Adsorben Ion Logam Cd, Cr, Cu dan Pb. Laporan Penelitian. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2013

Dyah. 2006. Adsorbsi Surfaktan Anionik pada Berbagai pH Menggunakan Karbon Aktif Termodifikasi Zink Klorida. Institut Pertanian. Bogor.

Geankoplis, Christie J. 1995. Transpor Process and Separation Process principles 4th Ed.

Chemical Handbook. Prentice Hall. New Jersey.

Ginting, Perdana Ir.. 1992. Mencegah dan Mengendalikan Pencemaran Industri. Jurnal Penelitian. Jakarta.

Haryadi. 2006. Teknologi Pengolahan Beras. Laporan Penelitian. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Houston, D.F. 1972. Rice Bran and Polish. In: Rice: Chemistry & Technology, 1st Ed. Amer: Assoc. Cereal Chem. Inc., St. Paul, Minnesota, USA. P.272-300.

Kasam., Yulianto, A., dan Sukma, T. 2005. Penurunan COD (Chemical Oxygen Demand) dalam Limbah Cair Laboratorium Menggunakan Filter Karbon Aktif Arang Tempurung Kelapa. Jurnal Penelitian. Universitas Islam Indonesia.

Mukhtadin, Maming, Yusafir, Zakir. 2012. Kondisi Optimum Adsorpsi Ion Logam Cu(II) Menggunakan Karbon Aktif dari Sekam Padi dengan Iradiasi Gelombang Ultrasonik. Jurnal Penelitian. Universitas Hasanuddin.

Nurhasni, Hendrawati, Saniyyah, N. 2011. Penyerapan Ion Logam Cd dan Cr dalam Air Limbah Menggunakan Sekam Padi. Jurnal Penelitian. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Palar, H. 2004. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Laporan Penelitian. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v13i1.5848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.