Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS pada Jurusan Teknik Elektro UNTIRTA

Irma Saraswati, Ri Munarto, Lukman Nul Hakim

Abstract


Perlunya pelayanan sistem informasi akademik yang cepat dan mudah pada Jurusan Teknik Elektro UNTIRTA, sehingga dirancang sebuah sistem aplikasi untuk pengaksesan informasi akademik via SMS. Sistem ini dibuat pada sebuah Personal Computer (PC) yang terhubung dengan telepon selular melalui kabel data serial dan sebuah database Microsoft Access, koneksi antara database dan Visual Basic 6.0 menggunakan komponen ADODC dan ODBC (Open Database Connectivity). ODBC digunakan untuk mengakses database relasional dan membuat program menjadi fleksibel artinya pengubahan jenis database yang dipergunakan oleh sebuah aplikasi tidak akan mempengaruhi kode program, setiap SMS yang masuk ke dalam telepon selular akan dibaca oleh sistem, kemudian dilakukan proses validasi sesuai dengan format kode yang telah ditentukan dan proses validasi NIM user. Permintaan yang dapat dilayani oleh sistem antara lain : nilai KHS, jadwal bimbingan akademik, jadwal kuliah, dan jadwal sidang skripsi. Sistem informasi akademik via SMS dibuat menggunakan Visual Basic 6.0. Untuk berkomunikasi dengan telepon selular menggunakan FBUS 1.5, program berjalan di bawah sistem operasi window XP Edition, dan sebuah telepon selular tipe Nokia 3310 sebagai sarana penerima dan pengirim SMS, sumber data diperoleh dari tabel-tabel database yang dibuat untuk keperluan sistem ini secara keseluruhan yang dapat diakses menggunakan perintah SQL (Structured Query Language). Dalam pengujian, sistem informasi akademik via SMS berhasil digunakan untuk mengirimkan permintaan pengguna dalam bentuk SMS response secara otomatis.


Keywords


SMS; Telepon Selular; PC; SQL; Database; FBUS 1.5;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung Novian. 2004. “Panduan Microsoft Visual Basic”. Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Arief Ramadhan. 2004. “36 Jam Belajar Komputer Visual Basic 6.0”. Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Andri Yuska. 2007. “Modul Visual Basic 6.0 Lanjutan”. Nurul Fikri Komputer, Bekasi.

Andri Yuska. 2007. “Modul SQL Server 2000”. Nurul Fikri Komputer, Bekasi.

Bunafit Nugroho. 2008. “Panduan Lengkap Menguasai Perintah SQL”. Penerbit mediakita, Jakarta.

Dwi Budicahyanto, ST. 2004. “Membangun Aplikasi Handphone dengan FBUS dan Visual Basic”. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fathansyah. 2007. “Basis Data”. Penerbit Informatika, Bandung.

Yuswanto. 2005. “Pemograman Client-

Server Microsoft Visual Basic 6.0 Jilid 2”. Penerbit Prestasi Pustaka, Jakarta.

Heryanto. 2004, “ Perancangan dan Pembuatan Prototype Aplikasi SMS untuk Akses Informasi Anggota Perusahaan Multilevel “. Universitas Kristen Petra Surabaya Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v13i1.5852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.