Analisa Kinerja Sinusoidal PWM Inverter untuk Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa

Heri Haryanto, Vicky Immanuel

Abstract


PWM (pengaturan lebar pulsa) merupakan salah satu teknik yang baik untuk digunakan dalam sistem kendali (control system) saat ini. Pengaturan lebar modulasi dipergunakan di berbagai bidang yang sangat luas, salah satu diantaranya adalah pengaturan kecepatan motor induksi. Untuk membangkitkan sinyal pulse width modulation (PWM) tersebut dapat digunakan beberapa teknik modulasi antara lain sebagai berikut: Sinusodal Pulse Width Modulation, Trapezoidal Pulse Width Modulation, Stair-case delta, Delta-sigma, Selective harmonic PWM, Third Harmonic PWM, Space Vector PWM, dan lainnya. Pada paper ini akan membahas tentang kinerja dari teknik modulasi trapezoidal pada inverter dengan menganalisa kualitas distorsi harmonisa (THD) tegangan, arus,dan respon kecepatan dan torsi elektromagnetik dari motor induksi tiga fasa


Keywords


PWM; inverter; modulasi sinusoidal; distorsi harmonisa; motor induksi tiga fasa;

Full Text:

PDF

References


Wahyu, Satiawan., & B.F. Citarsa., & Supriono. (2015). Perbandingan Kinerja Teknik Modulasi Inverter Dua-Level untuk Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fase. Elektronik Jurnal Arus Elektro Indonesia (eJAEI).

Bimal, B. (2002). Modern Power Electronics And AC Drives. Prentice Hall.

Rashid, M. (2011). Power Electronic Handbook Devices, Circuits, And, Applications Third Edition. Butterworth-Heinemann




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v12i1.6616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.