Rancang Bangun Kinetic Energy Recovery System pada Sepeda Listrik Hybrid Dengan Menggunakan Fly Wheel

Dhimas Satria, Erny Listijorini, Tommy Yosua

Abstract


Di zaman yang semakin modern ini banyak kebutuhan yang semakin meningkat, salah satunya adalah energi. Energi fosil yang digunakan pada mesin-mesin sebagai bahan bakar utama telah banyak digunakan. Pemanfaatan energi yang dilakukan secara berlebihan semakin menurunkan ketersediaan energi fosil tersebut. Untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil yang pembentukannya sangat lama dan cepat habis, maka dari itu dibutuhkan adanya pemanfaatan energi alternatifyang lebih ramah lingkungan dan mudah didapat.Penggunaan sepeda sebagai moda transportasi yang mudah dan bermanfaat menjadi salah satu pilihan. Memanfaatkan putaran roda untuk memutar alternerator yang nantinya akan menghasilkan listrik, kemudian energi listrik tersebut disimpan pada akumulator. Pada saat akan digunakan maka energi listrik pada akumulator disalurkan pada mesin saat berfungsi sebagai motor listrik untuk memutar roda belakang. Proses dalam menghasilkan energi listrik ini yang dimanfaatkan sebagai energi terbarukan pada penggunaan sepeda. Selain memanfaatkan putaran pada roda belakang yang disambungkan pada alternerator, bisa juga dengan memanfaatkan fly wheel yang disambungkan dengan transmisi rantai pada sepeda. Fly wheel tersebut dimanfaatkan putarannya pada saat sepeda berhenti atau melakukan pengereman. Beban berat pada fly wheel membuatnya bisa berputar terus dan membutukan waktu yang cukup lama untuk berhenti walaupun sumber tenaga pemutar telah berhenti. Hal ini yang dimanfaatkan dalamKinetic Energy Recovery System (KERS) pada mobil formula one dan diaplikasikan pada pengereman sepeda sebagai penghasil energi untuk memutar alternerator, agar pengisian akumulatortetap bisa dilakukan pada saat mengerem dan berhenti dari kecepatan tinggi. Dari hasil perhitungan, Dengan daya 1801 W pada kecepatan 25 km/jam energi kinetik flywheel sebesar 101,2 joule dan dapat menghasilkan arus listrik sebesar 0,78 amper pada putaran alternator 1661,83 rpm. Dengan menggunakan panjang rantai 1,49 meter pada roda belakang menuju flywheel dan 0,67 meter pada flywheel menuju alternator


Keywords


alternator; flywheel; KERS; sepeda listrik; transmisi rantai;

Full Text:

PDF

References


Cibulka, J. 2009. Kinetic Energy Recovery System By Means Of Flywheel Energy Storage. Advanced Engineering.

Budynas, Nisbett. 2006. Shigley’s Mechanical Engineering Design 8th Edition. McGraw-Hill Companies, Inc. United States.

Burhanuddin Muhammad, Harus Laksana Guntur. 2013. Studi Eksperimen Pengaruh Perubahan Desain Flywheel Terhadap Waktu Pengosongan Energi Kinetik Model Kers. Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh

Nopember. Surabaya.

Dahlan, Dahmir. 2012. Elemen Mesin. Citra Harta Prima. Jakarta.

Gopinath,K and Mayuram.M.M. Machine Design II. Indian Institute of Technology Madras. 2008.

Iffasalam Andhika, Proff. Ir. I Nyoman Sutantra M. Sc PhD. 2012. Perancangan Electric Energy Recovery System Pada Sepeda Listrik. Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Sarojo, Ganijanti Aby. 2002. Seri Fisika Dasar Mekanika. Salemba teknika. Jakarta.

Satria, Dhimas. 2013. Diktat Elemen Mesin II. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v12i1.6628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.