PEMBUATAN CYCLONE BURNER DENGAN BAHAN BAKAR SERBUK BATUBARA DENGAN KAPASITAS 76 kg/jam

Imron Rosyadi, Ni Ketut Caturwati, Fahrizal Pradana Putra

Abstract


Proses konversi batubara menjadi kalor terjadi di burner yang terletak di furnance. Jenis pembakaran batubara pada PLTU bermacam–macam, yaitu: grate, fuidized bed, dan pulverized coal combustion. Cyclone Burner adalah burner yang prinsip kerjanya menggunakan jenis pulverized coal combustion. Burner ini menggunakan bahan bakar batubara bubuk (pulverized coal) yang memiliki ukuran 50-200 mesh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang cyclone burner yang dapat mengumpankan bahan bakar secara kontinu dan menghasilkan temperature pembakaran yang tinggi. Hasil rancangan yang dibuat , burner terdiri air blower, screw feeder, system gas burner dan sebuah inverter. Dengan komponen tersebut alat dapat berfungsi dengan baik ditandai dengan tercapainya parameter prestasi atau unjuk kerja yang diinginkan yaitu temperature dan panjang api. Temperatur maksimal yang dihasilkan yaitu 1014°C. Titik ini dicapai pada massa aliran bahan bakar paling besar (0,0357 kg/s). Panjang api optimum dihasilkan dari masukan batubara sebesar 0,0357 kg/s dihasilkan lidah api sekitar 58,49 cm.


Keywords


Cyclone burner; pulverized coal; batubara;

Full Text:

PDF

References


Incropera and Dewitt, 1996, Introduction to Heat Transfer, Third edition. John Willey and Sons, Canada,

Heru Kuncoro, Samun Triyoko, 2007, Pengaruh komposisi partikel batubara dan prosentase udara pada pembakaran batubara serbuk. Surakarta.

Akbar, Amri2008, Perancangan Sistem Pengendalian Pembakaran Pada Duct Burner Waste Heat Boiler (Whb) Berbasis Logic Solver”. Jurusan Teknik Fisika ITS: Surabaya.

El-Mahallawy, F., Habik, S., 2002, Fundamentals And Technology Of Combustion, Elsevier, Warnatz, J., 2006, Combustion: Physical and Chemical Fundamentals, Modeling and Simulation, Experiment, Polutant Formation, 3rd Edition, Springer, Fuel and Combustion. Pedoman Efisiensi Energi untuk Industri di Asia www.energyefficiencyasia.org

Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara (TekMira). Jurnal

Volume 5 No.13. Januari 2009 Coal statistic, diakses pada 10 April 2014 (http://www.worldcoal.org/resources/coal-statistics/)

Design of Screw Conveyor, diakses pada 02 Mei 2014 (http://www.mechanicalengineeringblog.com/tag/screw-conveyor-calculations/)

Burner Boiler Batubara, diakses 29 november 2013 (http://mutehnik.com/burner_boiler_batubara.html)

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, (Online), 1 Desember 2013 (http://prokum.esdm.go.id/Publikasi/Statistik/Statistik%20Batubara.pdf)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v10i2.6669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.