IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA PADA LANTAI PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN METODE HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSTMENT (HIRA)DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYZE (FMEA) DI PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK. PABRIK TANGERANG

Kulsum Kulsum, Chaerunnisa H.N.

Abstract


Perkembangan industri yang semakin meningkat pesat membuat setiap industri harus siap berkompetisi dengan pesaing lainnya untuk mendapatkan suatu keunggulan. Keunggulan kompetisi dipengaruhi oleh beberapa faktor selain dilihat dari segi kualitas, keunggulan kompetisi tersebut dipengaruhi oleh manajemen sumber daya yang baik. Dimana apabila suatu perusahaan mempunyai sumber daya yang baik maka akan meningkatkan keuntungan secara tidak langsung dan dapat meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu dalam meningkatkan sumber daya yang ada maka suatu perusahaan perlu adanya sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) yang baik juga.Pada penelitian ini dilakukan kegiatan observasi identifikasi potensi bahaya kerja pada mesin dilantai produksi guna untuk mencegah bahaya kerja pada mesin dilantai produksi. Dimana dalam hal ini data input yang dibutuhkan data layoutperusahaan, data lingkungan fisik kerja, data observasi potensi bahaya. Data input tersebut digunakan untuk diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assesstment(HIRA) dan Failure Mode Effect Analyze(FMEA). Sehingga outputyang didapatkan untuk mengetahui kategori resiko potensi bahaya kerja di mesin lantai produksi, mengetahui nilai rankresiko terbesar dan penyebab resiko terbesar tersebut.


Keywords


SMK3; FMEA; HIRA;

Full Text:

PDF

References


Agung Budi Satniko, Sugiono, Remba Yanuar Efranto. 2013. Implementasi Ergonomi Untuk Peningkatan Sistem Kerja Di Pt. Ekamas Fortuna Malang. Malang: Teknik Industri Universitas Brawijaya

Hermawan, Erdi. 2013. Perbaikan postur kerja dengan metode RULA (Ruppid Upper Limb Assessment) dan HIRA (Hazard Identification And Risk Assesment).Banten: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon.

Kustiyaningsih, Febri. 2011. Penentuan Prioritas Penanganan Kecelakaan Kerja Di PT. GE Lighting Indonesia Dengan MetodeMode Effect And Analysis (FMEA). Surakarta: Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret

Rahabistara, Yogi. 2013. Analisa Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dengan Pendekatan Metode Failur Mode Effect And Analysis (FMEA) Di PT. Mega Sakti HAQ. Banten: Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon.

Ramli, Soehatman. 2009. Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Jakarta : Dian Rakyat.

Rini, Feni Akbar. 2013. Analisa Potensi Bahaya Kerja Dan Penerapan Sistem Manajemen K3 Di PT. Latinusa TBK. Banten : Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon.

Tim Penyusun. 2013. Modul Perancangan Sistem Kerja Dan Ergonomi. Banten :Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon.

Tim Penyusun. 2013. Modul III-Perancangan Stasiun Kerja PTI. Banten : Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon.

Tim Penyusun. 2014. Modul III-Imporove Perancangan Optimasi Sistem Industri. Banten : Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v10i2.6672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.