PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU PYROLISIS TERHADAP NILAI KALOR BRIKET TEMPURUNG KELAPA SAWIT

Ni Ketut Caturwati, Endang Suhendi, Eko Prasetyo

Abstract


Sumber energi utama yang selama ini dipergunakan dalam kehidupan manusia merupakan sumber energi yang berasal dari bahan bakar fosil, dimana harga bahan bakar ini semakin mahal akibat cadangan energi yang kian terbatas. Untuk itu berbagai upaya dilakukan dalam mencari energi alternative yang mungkin dapat dipergunakan sebagai pengganti energi fosil. Pemanfaatan limbah seperti tempurung kelapa sawit telah mulai dilakukan dengan membuatnya menjadi briket sehingga memiliki nilai kalor yang cukup besar sebagai bahan bakar alternatif pengganti batubara atau bahan bakar lain seperti minyak dan gas. Dalam penelitian ini dilakukan proses pyrolisis terhadap tempurung kelapa sawit dengan variasi temperatur pirolisis : 200 °C, 300 °C, 350 °C dan 400 °C dengan waktu pirolisis selama : 1 jam, 1,5 jam dan 2 Jam. Padatan (Char) hasil pyrolisis dibuat sebagai bahan baku briket. Dilakukan pengujian nilai kalor dari briket yang dihasilkan melalui proses pyrolisis dengan variasi temperatur dan waktu proses. Hasil pengujian nilai kalor briket menunjukkan proses pyrolisis dengan temperatur 400 °C serta waktu proses 1 jam menghasilkan nilai kalor tertinggi sebesar 7070 cal/gram. Nilai ini mendekati nilai kalor batubara berkualitas (antrasit) yang memiliki nilai kalor 31 kJ/gr atau setara dengan 7405 cal/gram.


Keywords


Tempurung kelapa sawit; pyrolisis; nilai kalor briket;

Full Text:

PDF

References


Serio, M., Wojtowiez, S. Charpenay, 2004, ”Pyrolisis”, Chapter in Encyclopedia of Energy Technology and The Enviromental, John Wiley & Sons, New York.

Goyal, H.B., Seal, D., Saxena, R.C., 2006. ”Bio-Fuels from Thermochemical Conversion of Renewable Resources”: A Review. India Institute of S Petroleum. India.

Diebold, J. P.1999. ”Overview of Fast Pyrolisis of biomassa for the Production of liquid fuel”, USA.

Bambang Sugianto, http://www.chemistry.org/materi_kimia/kimia_fisika1/termokimia/ kalor-pembakaran/, 15-06-2009

BSN. 2000. SNI 01-6235-2000 Briket Arang Kayu. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v10i2.6677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.