TINJAUAN PRAGMATIK DALAM KETERAMPILAN BERBICARA

Diana Tustiantina

Abstract


Keterampilan berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang menekankan pada fungsi komunikatif. Fungsi komunikatif merupakan tujuan utama dari berbicara. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik jika pembicara benar-benar memahami isi pembicaraannya. Selain memahami isi pembicaraan, keberhasilan berbicara ditentukan pula oleh beberapa kompetensi kebahasaan yang dimiliki pembicara, salah satunya adalah kompetensi pragmatik. Kompetensi pragmatik adalah kompetensi kebahasaan yang berkaitan dengan kemampuan pembicara dalam memahami konteks pembicaraan. Konteks yang dimaksud adalah konteks situasi tutur. Konteks pembicaraan menjadi penting dalam keterampilan berbicara karena biasanya keterampilan berbicara melibatkan interaksi sosial dan merupakan kegiatan yang berdimensi sosial. Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengucapkan kalimat-kalimat untuk menyampaikan pesan berupa pikiran, gagasan, dan perasaan kepada orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pragmatik merupakan salah satu kompetensi kebahasaan yang dibutuhkan dalam keterampilan berbicara.


Keywords


Konteks, Pragmatik, Komunikatif,dan Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi (teori dan praktek). Bandung: Rosdakarya.

Kushartanti dkk (e.d.). 2007. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Kushartanti. Pragmatik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geofrey N. 1983. Principles of Pragmatics. London: Longman Group.

Littlewood, William. 1995. Communicative Language Teaching. Britain: Cambridge University.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita.

Renkema, Jan. (2004). Introduction to Discourse Studies. Philadelphia: John Benjamins.

Richards, Jack C. dan Theodore S. Rodgers. 2006. Approaches and Methods in Language Teaching. Britain: Cambridge University.

Swarbrick, Ann (e.d.). 1995. Teaching Modern Languages. London: Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v2i1.1507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)