PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS

Rohilah Rohilah, Rachmat Hardiyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang Tahun Pembelajaran 2015-2016. Sampel penelitian diperoleh dengan dua cara, pertama dengan random sampling diundi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan dengan purposif sampling. Dari kelas eksperimen diperoleh 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata tingggi, dan 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata rendah. Begitu juga dari kelas kontrol, 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata tinggi dan 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata rendah. Dari 20 orang peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 87,4, median 86,5; modus 85, standar defiasi 4,31; dan nilai tertinggi 95. Hasil hitung statistis,Thitung sebesar 5,86 dan Ttabel sebesar 2,10. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan kosakata dan metode karyawisata terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang tahun pembelajaran 2015-2016. Artinya, secara keseluruhan, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol, peserta didik yang belajar dengan menggunakan metode karyawisata lebih baik dari pada menggunakan metode ceramah. Secara khusus, peserta didik yang memiliki kemampuan kosakata tinggi lebih baik menggunakan metode karyawista dan peserta didik yang memiliki penguasaan kosakata rendah lebih baik belajar menggunakan metode ceramah. Dengan demikian, belajar menulis laporan pengamatan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang tahun pembelajaran 2015-2016 dapat dilaksakan dengan mempertimbangkan penggunaan metode pembelajaran yang cocok untuk peserta didik yang memiliki kemampuan kosakata tinggi dan kosakata rendah.


Keywords


Penguasaan Kosakata; Metode Karyawisata; Keterampilan; Menulis Laporan Pengamatan.

Full Text:

PDF

References


Adelstein, Michael E. and Jean G Pival. 2008. The Writing Comitment. New York: Harcourt Brace Javanovich, Inc

Akhadiah, Sabarti. dkk. 2012. Pembinan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama

Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Arifin. 2012. Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli . [online] Tersedia: http://www. blog g er. com/profile/0336 921637111863494&hl=id_. [01 Januari 2014]

Arikuntoro, Suharsemi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara.

Burhanudin. 2010. Pendekatan Metode dan Teknik Penelitian Pendidikan (Sebuah Pengantar Praktis). Subang: UPI PGSD Kampus Subang

Depdiknas. 2006. Lampiran Permendiknas No. 22 Standar Isi Bidang Studi Bahasa Indonesia. Jakarta; Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djiwandono, Soenardi. 2013. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo

Fatchurrochman, Anis. 2013. Pengaruh Pembelajaran Karyawisata dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Menulis PuisiSiswa Kelas VII SMPN Kalangnyar Kabupaten Lebak. (Tesis). Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2013

Hasani, Aceng. 2013. Ihwal Menulis. Serang: Banten Muda.

Hastuti, dkk. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Istiadi, Yossa. 2006. Pengaruh Strategi Karyawisata dan Sensitivitas Ekologi Terhadap Apresiasi Siswa Tentang Pelestarian Satwa (Eksperimen pada Siswa SMUN 22 Jakarta 2004). Jakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Keraf, Gorys. 2004. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

————. 2005. Komposisi. Flores: Nusa Indah

Kridalaksana, Hari Murti. 2007. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama

Laufer, B. Meara. P. & Nation, P. 2005. Ten Best Ideas For Teaching Vocabulary. The Language Teaching. (online). Volume 29, Number 7, (http://jalt-publications/2005-0729. 7. accessed on 30 December 2013)

Leny. 2006 “Teaching Vocalbulary Through Pictures to the Kindergarten Students: A Case Study at Madinah Kid’s School Kindergaten Serpong- Tanggerang”. Final .

Nazir, M. 2009. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Ma’mun, Arif Rifa’i. 2009. Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Studi Korelasional Kepercayaan Diri Penyesuaian Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 216 Jakarta. Jakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Morris, Alton C. 2008. College English. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indnesia

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Tes Bahasa dan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Pan, Qi. Xu, Runjiang. 2011. Vocabulary Teaching in English Language Teaching. Theory and Practice in Language Studiens. (Online). Volume, Number 11. (http://ojs. Academypublisher. com/index. php/tpls/article/download/011115861589/3879. accessed on 30 Desember 2013

Parera, D. 2004. Teori Semantik Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Rafiudin, Ahmad & Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud

Roestiyah, N. K 2008. Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Rofi’udin, Ahmad & Darmiyati Zuchdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup

Semi, Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya

Sudjana, Nana. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar baru

Sugiono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suparno dan Muhammad Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Soedjito. 2012. Kosa Kata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Syagala, Syaeful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Semiawan, Conny, dkk. 2005. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Untirta, Pascasarjana. 2014. Pedoman Penulisan Tesis. Serang: Pascasarjana Untirta

Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yunus, Suharsemi. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Zaenurrahman. 2013. Menulis dari teori Hingga Praktek (Penawar Racun Plagiatisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

Pengunjung Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia