UPAYA MEMARTABATKAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENINGKATAN MUTU BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA

Aceng Hasani, Erwin Salpa Riansi

Abstract


Berkait dengan pemelajaran, selama ini masyarakat menilai pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah kurang menujukan hasil baik. Dalam hal ini tentunya ada faktor guru dan siswa yang kurang memiliki
pengalaman berbahasa yang baik. Di antaranya kemampuan menulis yang kurang memadai, kebiasaan membaca yang tidak mentradisi, kurang mahir berbicara serta belum mampu mengapresiasi dan berekspresi sastra
sesuai dengan harapan.

Keywords


Bahasa Indonesia dan Pengajarannya

Full Text:

PDF

References


Arifin Zaenal, Tasai Amran. 2006. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Ressindo.

Chaer Abdul, Agustina Leonia. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Finoza Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Iskandarwasid, Dadang Sunendar. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Solihin, Hudori, Sa’adiah Embay. 2003. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Uhamka Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

Pengunjung Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia