ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VII G DI SMP NEGERI 17 KOTA SERANG

Nani Nani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Serang dalam pembelajaran menulis surat dinas. Aspek ejaan, pemilihan kata (diksi) dan struktur kalimat agar padu merupakan wujud kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Faktor-faktor seperti pengaruh bahasa ibu (B1) dan lingkungan siswa menjadi kendala siswa dalam proses pembelajaran menulis surat dinas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menitik beratkan pada jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah hasil kerja berupa surat dinas yang ditulis siswa. Data dikumpulkan dengan cara menganalisis, mengklasifikasi, dan mengevaluasi/menilai dokumen yang berupa surat resmi yang telah ditulis oleh siswa. Hasil temuan dalam penilitian ini berupa kesalahan dalam wujud; kesalahan ejaan (penggunaan huruf kapital, kata hubung, kata depan, dan tanda baca); pemilihan kata (diksi); dan kefektifan penggunaan kalimat.


Keywords


Analisis Keslaahan, Surat Dinas, Ejaan, Pemilihan Diksi, dan Kefektifan Kalimat

Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Zaenal. 1996. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas (Edisi

Revisi Ketiga). Jakarta: CV Akademika Pressindo.

Ayudiya. 2016. Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan

Hasil Observasi pada Siswa SMPN 8 Surakarta. Jurnal Basastra. Diakses pada 02 Juni 2018.

Brown, H. Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. White

Plain, New York: Pearson Inc.

Hasani, Aceng. 2013. Ihwal Menulis. Banten: Untirta Press.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Rofi, Afiif. 2014. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat Resmi pada

Bidang Sintaksis Siswa Kelas VIII MTS Negeri Lubuk Buaya Kota Padang.Dikdaya. Jurnal Volume 05 Nomor 1. Diakses pada 02 Juni 2018.

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tarigan, Djago dan Lilis Siti Sulistyaningsih. 1996. Analisis Kesahalan Berbahasa.

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal PendidikanDasar dan Menengah.

http://bahasaindosugik.blogspot.com/2010/10/surat-dinasresmi.html. (diakses pada 05 Juni 2018)

http://file.upi.edu/Direktori/Dualmodes/Pembinaan_Bahasa_Indonesia_Sebagai_Bahasa_Kedua/10_BBM_8.pdf. (diakses pada 05 Juni 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengunjung Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia