PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENYIMAK DENGAN TEKNIK IDENTIFIKASI KATA KUNCI

Anwar Sanusi

Abstract


Bahasa Indonesia terdiri dari empat keterampilan berbahasa yaitu: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis Dalam kurikulum satuan pendidikan tingkat SMA Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh semua siswa pada semua program/jurusan Proses pembelajaran bahasa Indonesia harus sesuai dengan tujuan yang menitikberatkan pada pencapaian tujuan keterampilan berbahasa. Salah satu komponen proses pembelajaran yang sangat berpengaruh terhadap hasil/prestasi belajar siswa adalah metode atau teknik pembelajaran. Teknik identifikasi kata kunci merupakan teknik untuk memahami informasi dengan menghilangkan kata-kata yang bukan inti dalam suatu kalimat atau pernyataan. Apabila terjadi kesalahan dalam menentukan kata kunci, akan berakibat kesalahan dalam memahami informasi. Teknik identifikasi kata kunci merupakan teknik yang tepat/cocok untuk digunakan dalam peningkatan hasil/prestasi belajar bahasa Indonesia, terutama pada aspek keterampilan menyimak siswa.

Keywords


Menyimak; Indetifikasi; Kata Kunci.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Irama Widya

Bahri Djamarah, Syaiful. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTS). JakartaDjojosuroto, Kinayati dan Sumaryati. 2000. Prinsip-prinisp Dasar Penelitian Bahasa dan Sastra. Jakarta: Nuansa

Hardjapamengkas, R.S. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama

Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Semi, M. Atar. 1993. Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa

Subana, M dan Sunarti. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, H.D. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Sutari, Ice dkk. 1997. Menyimak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tarigan, Djago. 1991. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1 (Buku 1, Modul 1-6). Jakarta: Depdikbud

Tarigan, Djago dan Tarigan, H.G. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v4i1.6231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia