PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN METODE INTEGRATIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Masrupi Masrupi, Dedi Nurholis

Abstract


Rendahnya tingkat kemampuan menyimak siswa pada dasarnya disebabkan oleh dua hal yaitu faktor dari dalam siswa itu sendiri dan faktor dari luar diri siswa. faktor dari dalam siswa misalnya faktor pisik dan psikis. Faktor pisik siswa misalnya, alat pendengar yang tidak sempurna dan alat indra lainya seperti mata dan sebagainya. Sedangkan faktor psikis adalah kesiapan mental, pikiran, motivasi, minat, ingatan, watak sifat, dan termasuk keadaan sehat, sakit dan lingkungan sosial siswa. Faktor dari sekolah misalnya, pembelajaran menyimak yang belum optimal karena berbagai hal diantaranya kurang memadai sarana dan prasarana yang dibutuhkan keterampilan menyimak. Disamping itu yang juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya faktor dari guru yang kurang tepatnya metode pembelajaran yang dilaksanakan. Data dikumpulkan dengan melihat hasil latihan harian pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Siswa kelas VII MTs Negeri Ciruas Kabupaten Serang dengan jumlah siswa 288. Sedangkan tingkat aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. Lembar observasi tersebut dicatat oleh dua orang obsevasi. Observasi pertama mengamati kegiatan aktivitas siswa. Hasil ujian siswa diperiksa sendiri oleh guru kelas sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pada analisis data.

Keywords


Kemampuan Menyimak, Metode Integratif, Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ardiana, Leo Indra, editor Auzar. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru: Cendikia Insani

Depdiknas, Pusat Kurikulum. Balibang. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta.

Depdiknas, Pusat Kurikulum. Balibang. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: SIC.

Tarigan, Djago. 1997. Keterampilan Menyimak. Modul 1-5 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ; Proyek Peningkatan Mutu Guru SMP.

Suhendar dan Pien Supinah. Bahasa Indonesia: Pengajaran dan Ujian Keterampilan Menyimak dan Keterampilan Berbicara. 1997. Bandung. Pioni Jaya.

Udin. K. 1993. Strategi Belajar Mengajar Jakarta. Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v4i1.6234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia