PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN BOJONG KONENG

Muhammad Nurjamaludin, Eko Fajar Suryaningrat, Eneng Renie Marlina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Bojong Koneng. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Bojong Koneng. Adapaun kegunaan dari penelitian ini adalah (1) Secara teoritis untuk menambah dan mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan tentang motivasi dan hasil belajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (2) Secara praktis Siswa lebih mudah memahami pembelajaran Bahasa Indonesia dengan adanya penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Dapat meningkatkan kualitas mengajar pelajaran Bahasa Indonesia melalui inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bojong Koneng Soreang yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Bojong Koneng Soreang Kabupaten Bandung sebelum menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai nilai rata-rata kelas 3,45. Pada saat pembelajaran diubah menggunakan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 4,53 pada siklus I dan 6,75 pada siklus 2 dan pada siklus II 7,95. Penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang membuat siswa tidak bosan dan jenuh sehingga motivasi dan hasil belajar mereka meningkat. Sehinga dapat disimpulkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Bojong Koneng.

Keywords


Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi dan hasil belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Anni dkk (2006) Psikologi Belajar. Semarang: Universitas. Negeri Semarang Press

Arikunto, Suharsimi (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung Rosda Karya.

Budiman, Suryosubroto 1994. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Dasna (2009) Metode Penelitian Kelas. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama

Kemmis dan Mc Taggart (1988) The Action Research planner, 3rd Edition, Geelong: Deakin University

Maryunis, Aleks (2003) Action Research Dalam Bidang Pendidikan, Pasca UNP.

Rifa’I dan Anni (2009) Psikologi pendidikan. Semarang Unnes. Press

Suprijono (2009) Metode dan Model-Model Mengajar.Bandung: Alfabeta.

Sagala (2006) Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina (2005) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana

Sardiman (2008) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo. Persada: Jakarta.

Sudjana (2001) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syaiful Bahri Djamarah (1995) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Yusuf, Syamsu (2003) Pengantar Psikologi. PPB FIP UPI

Zulkifly, E. (2006) “Pendekatan Daur Belajar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bahasa Indonesia” Jurnal Pendidikan Dasar. Hal 51-53.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v4i1.6235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengunjung Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia