APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA BIDANG PENGECATAN

Diah Wulandari, Purwaningasminarti Purwaningasminarti

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : Mengetahui kualitas pelayanan apa yang perlu ditingkatkan oleh pihak bengkel Surya Jaya Motor terhadap konsumennya; Mengetahui cara meningkatkan kinerja bengkel Surya Jaya Motor berdasarkan metode QFD. Metode penelitian yang digunakan adalah questionnaire dan wawancara, sebanyak 20 responden yang terdiri dari pemilik bengkel dan pelanggan bengkel. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode eksplanatory riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara meningkatkan kinerja bengkel Surya Jaya Motor berdasarkan metode QFD yaitu dalam hal non teknis dengan membuat Industri Customer Report (ICR) yang berbasis Online Survey-Problem Analysis. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penyebaran kuisioner yang telah diolah.

Keywords


Perancangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v1i1.1611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.