PERANCANGAN SEPEDA STATIS PENGHASIL ENERGI LISTRIK YANG ERGONOMIS

Agri Suwandi, Eka Maulana, Febrian Dio Rhapsody

Abstract


Kebutuhan akan energi listrik di Indonesia saat ini sebesar 55.000 MW, sementara energi listrik yang mampu disuplai oleh pemerintah sebesar 32.000 MW dan sisanya disuplai oleh perusahaan swasta. Pemenuhan kebutuhan energi listrik oleh pemerintah tersebut masih banyak mengalami kendala, maka dibutuhkan sumber energi listrik baru yang ramah lingkungan. Proses perancangan sepeda statis penghasil energi listrik yang ergonomis menggunakan kombinasi metode perancangan, yaitu: Quality Function Deployment (QFD) dan Pahl and Beitz. Hal terpenting dari metode QFD adalah matriks House of Quality (HoQ) yang merupakan konversi dari kebutuhan pelanggan secara langsung terhadap spesifikasi teknis produk yang akan dihasilkan. Sepeda statis penghasil energi listrik merupakan salah satu cara dalam menghasilkan sumber energi listrik baru yang ramah lingkungan. Energi listrik yang dihasilkan oleh sepeda statis ini disimpan ke dalam aki kering yang dimanfaatkan kemudian sebagai energi listrik untuk penerangan rumah. Berdasarkan hasil HoQ dan seleksi konsep diperoleh dimensi rancangan sepeda dengan panjang 1632,6 mm, lebar 569,5 mm dan tinggi 1315 mm. Sedangkan hasil perhitungan energi yang dilakukan, bahwa energi listrik yang tersimpan dalam aki kering dengan kapasitas 120 Ah digunakan untuk penerangan rumah selama ±10 jam dengan syarat penggunaan tiga buah lampu LED 7 Watt dan dua buah lampu LED 5 Watt.

Keywords


energi listrik, energi mekanik, ergonomis, sepeda statis

Full Text:

PDF

References


Franceschini, F. 2002. Advanced Quality Function Deployment, 1st ed.. Florida: CRC Press.

Hakim, M. W. 2014. Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Dengan Memanfaatkan Generator Magnet Permanen Pada Sepeda Statis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irving, C., Harrington, J. J., Stewart, B. C., & Lofgren, M. S. 2013. Patent No. US20130157813A1. United States of America.

Mabey, P., & Williams, S. 2014. Patent No. US20140221158A1. United States of America.

Pahl, G., & Beitz, W. 1996. Engineering Design A Systematic Approach. Spriner-Verlag, London: The Design Counciln.

Purnomo, A. 2016. Pemanfaatan Sepeda Statis dengan Generator Linier untuk Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyanto, D. 2015. Rancang Bangun Sistem Sepeda Energi Surya dengan Memanfaatkan Solar Cell. Momentum, 11(1), 34-37.

Suwandi, A., Fadli, I. R., & Maulana, E. 2017. Perancangan Konsep Mesin Filling Press Pada Budidaya Jamur Tiram. Jurnal Flywheel, III(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v2i1.2750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.