Studi Karakterisasi Sifat Mekanik Dan struktur Mikro Material Piston Alumunium-Silikon Alloy

Iman Saefuloh, Agus Pramono, Willy Jamaludin, Imron Rosyadi, Haryadi Haryadi

Abstract


Pemakaian aluminium khusus pada industri otomotif yang terus meningkat sejak tahun 1980,khususnya paduan aluminium yang digunakan untuk pembuatan piston, blok mesin, kepala silinder dan katup. Dalam penelitian ini menggunakan limbah sepatu rem tromol yang di daur ulang (remelting) menjadi piston Honda Vario 110 0C dengan penambahan  ADC 12 dilebur dengan proses penuangan gravitasi pada suhu penuangan 700 0C. Untuk  meningkatkan  sifat mekanis  tsb, dalam  penelitian  ini digunakan  metode  aging heat treatment. Variasi waktu penahanan yang digunakan  adalah 2 Jam, 4 Jam dan 5 Jam dengan temperature 155 0C, kegiatan penelitian meliputi uji kekerasan, uji Tarik, Uji keausan, uji X-ray Diffraction (XRD) dan Struktur mikro. Dari material Piston Honda Vario buatan Honda memiliki  kekerasan  sebesar 114,36 HB, kekuataan Tarik 190 N/mm2 ,faktor keausan 2.7005 x 10-5 cm3 /N.m Hasil proses perlakuan panas dan artificial aging pada material piston Honda Vario berbahan baku 60% skrap sepatu rem + 40% ADC12 meningkat sehingga memiliki  sifat mekanik lebih tinggi. hasil uji kekerasan, Kuat Tarik, dan faktor keausan. Waktu aging 4 jam memiliki nilai kekerasan tertinggi 119,320 HB, kuat Tarik 191,6 N/mm2 ,dan Faktor keausan 2,6973 x 10-5 cm3 /N.m. Pada pengujian X-ray Diffraction terdapat senyawa Mg2Si pada hasil pengecoran berbahan baku 60% skrap sepatu rem + 40% ADC12 . Dan pada pengujian metalografi terdapat perubahan bentuk ukuran butir struktur mikro yang terbentuk, yaitu pada waktu aging 2 jam 5,3323 µm, aging 4 jam  3,1288 µm, aging 5 jam 7,6829 µm

Keywords


Artificial Aging, Holding time, Sifat Mekanik, Struktur Mikro

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.