Pemanfataan Abu Ampas Tebu dan Polimer Alam Lateks sebagai Bahan Subtitusi Pembuatan Beton Polimer Ramah Lingkungan

Fatah Sulaiman

Abstract


Beton adalah suatu campuran yang terdiri dari pasir, kerikil atau agregat lain yang dicampur menjadi satu dengan suatu pasta yang terbuat dari semen dan air membentuk suatu massa mirip batuan. Selama ini, bahan baku pembuatan beton yang didapat dari alam semakin menurun yang disebabkan adanya ekploitasi sehingga diperlukan sumber alternatif sebagai substitusi yang diperoleh dari banyaknya percobaan yang dilakukan, seperti abu ampas tebu untuk subtitusi semen dan lateks untuk subtitusi air. Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan limbah abu ampas tebu, serta mengetahui komposisi optimum abu ampas tebu dan lateks untuk pembentukan beton. Prosedur awal dari penelitian ini dimulai dari preparasi abu ampas tebu dengan cara dibakar untuk mendapatkan kandungan SiO2, melakukan uji lengket abu ampas tebu dengan semen, pelaksanaan pembuatan beton dengan mencampurkan bahan – bahan berupa pasir, semen, batu kerikil, air, abu ampas tebu dan lateks, beton yang didapat diuji kuat tekannya. Kondisi optimum terdapat pada campuran lateks 10% dan abu ampas tebu 10% dengan nilai kuat tekan 23,00 Mpa. Nilai kuat tekan tersebut mengacu pada SNI 03-1974-1990 kualitas K-277 dimana beton termasuk dalam beton normal struktural untuk aplikasi pembangunan dua lantai.

Keywords


Beton, Abu ampas tebu, Lateks dan Kuat tekan

Full Text:

PDF

References


] Putra, 2014. Pemanfaatan Kombinasi Limbah Abu Ampas Tebu dan Abu Kulit Kerang sebagai Subtitusi Semen pada Pampuran Beton Mutu K225 dengan NaCl sebagai Rendaman. Palembang: Jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya.

Nugroho, H, Eko. 2010. Analisis Porositas dan Permeabilitas Beton dengan Bahan Tambah Fly Ash untuk Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surakarta: Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret.

repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/19919/4/Chapter%20II.pdf. (diakses 14 Maret 2016).

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR.PEND.KIMIA/196802161994022-SOJA_SITI_FATIMAH/Kimia industri/PRODUKSI_SEMEN.pdf.. (diakses 14 Maret 2016).

Munir, Misbachul. 2008. Pemanfaatan Abu Batubara (FLY ASH) untuk Hollow Block yang Bermutu dan Aman bagi Lingkungan. Tesis. Tidak dipublikasikan. Semarang: Program Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro.

Firmansyah, Dedy. 2012. Pemanfaatan Sisa Pembakaran Ampas Tebu Sebagai Bahan Pengisi dalam Proses Pembuatan Paving dengan Semen Jenis PCC. Semarang: Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang. Scaffolding. 1 (2): 1-3.

Phillip., Gerry, dkk. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Abu Ampas Tebu sebagai Subtitusi Parsial Semen dalam Campuran Beton Ditinjau terhadap Kuat Tarik Lentur dan Modulus Elastisitas. Sumatera: Jurusan Teknik Sipil Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Sipil Statik. 1 (2): 82-89.

Maidayani. 2009. Pengaruh Aditif Lateks dan Komposisi terhadap Karakteristik Beton dengan Menggunakan Limbah Padat (sludge) Industri Kertas. Tesis. Dipublikasikan. Medan: Magister Ilmu Fisika Universitas Sumatera Utara.

Sulaiman, Fatah. 2016. Mata Kuliah Teknologi Bersih. Cilegon: Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Harjianto, Nanang. 2015. Pemanfaatan Abu Ampas Tebu dari Hasil Pembakaran Nira PG. Gondang Baru Klaten dan Kapur Tohor Pengganti Semen Untuk Campuran Beton. Naskah Publikasi. Surakarta: Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah.

PT. Cemindo Gemilang. 2016. Bahan Ajar Kerja Praktek. Banten: Quality Control Semen Merah Putih.

Falaah. F. Asron., dkk. 2016. Produksi Silika Amorf dari Sekam Padi Untuk Filler Barang Jadi Karet Menggunakan Fluidized Bed Combustor. Semarang: Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Warta Perkaretan. 35 (1), 77 – 88.

Sinaga, Sandora & Asni, Dwi. 2015. Pengaruh Suhu Pembakaran terhadap Karakteristik Keramik Silika dari Daun Bambu Hasil Leaching Asam Sitrat dan Suhu Pembakaran 500ºC – 700ºC. Lampung: Jurusan Fisika FMIPA. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika. Vol. 03 (1).

Chandra, Andy., dkk. 2012. Isolasi dan Karakterisasi Silika dari Sekam Padi. Jakarta: LPPM Universitas Katolik Prahayangan.

Saputra, Novi. 2010. Pemanfaatan Karet Alam Sebagai Aditif pada Mortar Untuk Meningkatkan Mutu Jalan Semen Beton. Skripsi. Dipublikasikan. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Fauzi. P. ega., dkk. Pemanfaatan Abu Ampas Tebu Sebagai Bahan Alternatif Pendukung Pembuatan Pavling Block dengan Metode Multi Respon Taguchi. Malang: Jurusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya.

Prematri Mei Astuti. 2015. Redesain Struktur Atas Pembangunan Gedung Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

L, Yohanes & Basuki, Tri. 2006. Penelitian Pendahuluan Hubungan Serat Polymeric Terhadap Karakteristik Beton Normal. Journal Civil Engineering Dimension Vol 8, No.1.

Shinta Rahmalia Irawan. 2014. Pemanfaatan Kombinasi Limbah Abu Ampas Tebu Dan Abu Kulit Kerang Sebagai Substitusi Semen Pada Campuran Beton Mutu K225. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol.2.No.3,September 2014, ISSN: 2355-374X




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v1i1.6419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.