PENGARUH LITERASI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM

Iing Dwi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi sains berpengaruh langsung terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. Metode penelitian menggunakan Metode survey dengan desain penelitian ex-post-fakto. Analisis data menggunakan analisis statistic dengan menggunakan program SPPS 22 for windows. Uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi seluruh siswa kelas X MIPA semester genap TA 2015/2016 dengan sampel penelitian kelas X MIPA1. Adapun hasil penelitian berupa persamaan regresi linier adalah Ŷ = 6.990 + 0.925X. nilai koefisien korelasi (rxy) = 0.685 dan Fhitung = 26.539 dengan p-value = 0.000 < 0.05. Nilai R Square = 0.469 yang mengandung makna bahwa 46.9% variabel kemampuan kognitif siswa dapat dijelaskan oleh literasi sains siswa. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa ada pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. 


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W dan D.R. Krathwohl. 2010. Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen (Revisi taksonomi pendidikan Bloom). Terjemahan dari A taxonomy for learning, teaching, and assessing: arevision of blooms’ taxonomy of educational objectives oleh Prihantoro, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, Pramita Sylvia dan Diana R. Kemampuan proses sains siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA terpadu pada tema Global Warming. Jurnal Edusains, Vol. 8 (1), 2016, p. 18-26.

Diana, Sariwulan, Arif Rachmatulloh, dan Euis Sri Rahmawati. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assesments (SLA). Makalah Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. p. 285 – 291.

National Science Education Standards. 1996. National Academy of Science. Washinton DC: National Academy Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA