PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH DASAR

Sri Wuryastuti, Tiurlina Tiurlina, Lizza Suzanti

Abstract


Penelitian difokuskan untuk mengidentifikasi jenis kecerdasan pada siswa kelas V SD dan menerapkan sintax model pembelajaran yang dikembangkan dari tiga jenis kecerdasan, yaitu kecerdasan logis matematis, interpersonal dan naturalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat ketetapan desain model pembelajaran MI yang dihasilkan dari studi pendahuluan dilihat dari aspek fleksibilitas struktur desain model dan peningkatan hasil belajar siswa dari tiga SD di Kota Serang yang mewakili masing-masing wilayah kota, desa, dan urban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Pengujian dilakukan untuk mengembangkan model dilakukan melalui pengujian yang lebih luas dengan menggunakan metode kuasi eksperimen Single One Shot Case Study Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dihipotesiskan terbukti efektif berdasarkan pengujian lebih luas. Substansi isi dan fleksibilitas struktur desain model berkategori tinggi. Penerapan model pembelajaran ini membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran sekaligus memberikan kesempatan setiap siswa untukĀ  dapat mengembangkan jenis kecerdasannya.


Full Text:

PDF

References


Branch, R.M. 2009. Instructional Design: the ADDIE Approach. New York: Springer Science+Business Media.

Lazear, David. (1995). Multiple Intelligence Approaches to Assessment. Solving The Assessment Conundrum. Australia : Hawker Brownlow Education.

Shoemaker, D. 2010. The ADDIE Model. Diambil pada tanggal 8 September 2016 dari http://www.intructionaldesignexpert.com

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wuryastuti, Sri. Tiurlina. Lizza Suzanti. 2015. Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Serang. Prosiding Seminar Pendasaud I. UPI Kampus Serang. ISBN. 978-979-3786-52-0

Yaumi.2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA