PENINGKATAN LITERASI POLITIK PEMILIH PEMULA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Agus Sutisna

Abstract


Tulisan ini merupakan kajian literatur yang membahas isu peningkatan political literacy (melekpolitik)   sebagai   salah   satu   prasyarat   penting   untuk   menghasilkan   pemilu   yang   berkualitas dengan partisipasi yang juga berkualitas dalam konteks agenda besar mengkonsolidasikan dan mengembangkan kehidupan demokrasi, khususnya di kalangan pemilih pemula (pelajar danmahasiswa) melalui pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Kajian dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara kritis urgensi literasi politik dalam kontekspemilu   dan   demokratisasi,   serta   mempromosikan   gagasan-gagasan   konseptual   model pembelajaran   kontekstual   untuk   meningkatkan   derajat   kualitasnya   terutama   di   kalangan pemilih pemula. Metode kajian yang digunakan dalam tulisan ini adalah analisis kepustakaan.Melalui metode ini  rujukan konseptual,  data  dan informasi dihimpun dari pelbagai  sumberliteratur   seperti   jurnal   ilmiah,   buku,   laporan   penelitian   dan   dokumen   literatur   lainnya; kemudian   dianalisis   dengan   pendekatan   kualitatif.   Hasil   kajian   menunjukkan   bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual memiliki potensi sangat efektif untuk digunakan sebagai instrumen   pendidikan   kewarganegaraan   dalam   rangka   meningkatkan   literasi   politik   para pemilih pemula. 


Full Text:

PDF

References


Al Hakim, Suparlan dkk., 2012. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia, Malang : Universitas Negeri Malang.

Aqib, Zainal, 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.

Bakti, Andi Faisal, 2012. Literasi Politik dan Kondolidasi Demokrasi. Jakarta: Churia Press.

Budiyanto, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas X, XI, XII, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Cassel, C. A., & Lo, C. C., 1997. “Theories of Political Literacy” dalam jurnal Political Behavior, Volume 19, Nomor 4 Tahun 1997.

Crick, Bernard, 2000. Essays on Citizenship, London : Bloomsbury Publishing.

Echols, John. M dan Hassan S, 1989. Kamus Indonesia Inggris, Jakarta: PT Gramedia.

Gafar, Affan, 1994. “Javanese Voters: A Case Study of Election Under A Hegemonic Party System’, dalam The Journal of Asian Studies.

Huntington, Samuel P. dan Joan M. Nelson, 1972. No Easy Choice : Political Participation in Developing Countries, Cambridge : Harvard University Press.

Johnson, Elaine B., 2011. CTL, Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Bandung: Kaifa.

Karim, Abdul Gaffar dkk, 2015. “Memahami Tingkat Melek Politik Warga di Kabupaten Sleman”, Laporan Penelitian, Sleman : JPP FISIPOL UGM dan KPU Kabupaten Sleman.

Kesuma, Dharma dkk. 2010. Contextual Teaching and Learning, Garut: Rahayasa Research & Training.

Komalasari, Kokom, 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT Refika Aditama.

Kumoro, Bawono, 2013. “Pemilih Pemula”, dalam Kolom http://www.tempo.co. Diakses tanggal 15 April 2017.

Madhok, S., 2005. “Autonomy, Political Literacy and the "Social Woman": Towards a Politics of Inclusion”, dalam C. Bates, & S. Basu (Eds.), Rethinking Indian Political Institutions, London: Anthem.

Marijan, Kacung, 2011. Sistem Politik Indonesia : Konsolildasi Demokrasi Pasca-Orde Baru, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

McClosky, Herbert, 1972. “Political Participation”, dalam International Encyclopedia of the Social Sciences, New York : The Macmillan Company.

Nivada, Aryos dkk, 2015. “Tingkat Melek Politik (Political Literacy) Warga Kota Banda Aceh”, Laporan Penelitian, Banda Aceh : Jaringan Survey Inisiatif dan KIP Kota Banda Aceh.

Putri, Nora Eka, 2015. “Peningkatan Literasi Politik Melalui Kebijakan Berbasis Gender Di Kabupaten Solok”, dalam Kafa’ah : Jurnal Ilmiah Kajian Gender, Volume V Nomor 1 Tahun 2015.

Rudiyanto, Mohammad, 2009. “The Implementation of Contextual Teaching and Learning in Englsih Class”, dalam Jurnal Okara, Vol.II No.4, November 2009.

Suprijono, Agus, 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar

Suryanti, dkk., 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif, Surabaya: UNESA University Press.

Suwanti, Ninuk Cucu, 2014. “Peta Pemilih Pemula Pemilu 2014”, dalam

http://www.sinarharapan.co. Diakses tanggal 15 April 2017.

Ya’cub, Mihmidaty, 2005. Penerapan CTL dalam Pembelajaran Ilmu Agama dan Umum di Pesantren Hidayatullah Surabaya”, dalam Jurnal Nizamia, Vol.8, No.2, Desember 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA