PENGEMBANGAN KREATIVITAS TUTOR DALAM PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA PENDIDIKAN USIA DINI ANNISA

Tika Santika

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini berfungsi membina, menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk pribadi dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Annisa bertujuan agar peserta didik mempunyai sikap mandiri, displin, tanggung jawab dan memiliki kreativitas yang tinggi serta dapat bersosialisasi dengan teman, guru, orang tua.dan lingkungan sekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan data tentang pengembangan kreativitas tutor dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif di PAUD Annisa dan faktor pendukung kreativitas tutor dalam pembuatan APE di PAUD Annisa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Annisa di desa Telukjambe Kabupaten Karawang berjalan sangat optimal dengan memberikan pelayanan pendidikan bagi anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah eksperientsdan BCCT. Media yang digunakan meliputi alat peraga seperti boneka tangan, peralatan bermain peran, puzzle, audio visual, buku cerita, alat permainan edukatif yang dibuat oleh tutor untuk menunjang proses pembelajaran dan agar lebih ekonomis karena dibuat sendiri hal tersebut didukung oleh pelatihan yang diikuti tutor untuk meningkatkan kreativitas, kurikulum yang menjadi acuan tutor, media berupa buku yang berisi petunjuk atau cara membuat alat permainan edukatif, televisi yang berisi siaran yang memberikan inspirasi edukatif, dan melalui internet tutor dapat mengakses data atau cara membuat APE, kemudian permainan yang digunakan merupakan permainan edukatif yang dibuat oleh tutor, agar lebih menarik permainan yang dibuat lebih bervariasi. 


Full Text:

PDF

References


Bean, Reynold Ed.M. (1995). Cara Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

BPKB, Jawa Barat. (2002). Modul Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini. BPKB Jawa Barat.

Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Restindo Mediatama.

Moloeng, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Munandar, Utami. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat.

Rachmawati, Y dan Kurniati E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas. Jakarta: Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, Penilaian, Pembuatan dan Penggunaan Sarana (Alat Peraga) di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2003). Alat Permainan Edukatif untuk Kelompok Bermain. Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA