PEMANFAATAN VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERITEGRASI TEKHNOLOGI INFORMASI

Ronny Yudhi Septa Priana

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat menuntut semua pihak ikut serta mengembangkan diri dan beradaptasi serta mengikuti arus dengan memanfaatkan hasil tekhnologi  dalam segala aktifitas. Dampak perkembangan teknologi ini berimbas pula pada proses pembelajaran dimana para pendidik harus mampu melakukan berbagai inovasi dan kreatifitas agar proses pembelajaran selalu relevan dengan perkembangan yang ada. Inovasi dan kreatifitas yang dapat dilakukan pendidik salah satunya dengan penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang teritegrasi dalam tekhnologi informasi dapat menjadi daya tarik dan  memberikan gairah belajar pada peserta didik. Salahsatu hasil perkembangan tekhnologi informasi yang dapat dijadikan sebagai  media pembelajaran yang menyenangkan adalah Video Blog atau Vlog. Vlog merupakan media komunikasi dan informasi berbasis video dan web yang mengkolabirasikan kreatifitas, informasi dan hiburan dalam satu hasil karya. Tulisan ini mencoba untuk mengungkapkan bagaimana Vlog dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan penguasaan teknologi informasi dan diimplementasikan melalui media pembelajaran yang menyenangkan maka diharapkan terdapat peningkatan kualitas pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

MADCOMS. 2010,. Menggenggamdengan Internet.Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Mukhtar dan Iskandar. 2012.Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Nakayama 2013. New media. London : Sage

Riyantodan LantipDiatPrasojo. 2011. TeknologiInformasiPendidikan. Yogyakarta:Penerbit Gava Media.

Rusman dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta : Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA