PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA

Suci Rizkiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran melalui metode Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran. Sumber data, meliputi: peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Penggunaan metode Contextual Teaching and Learning terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis teks nakah drama siswa. Hasilnya adalah 1) penggunaan metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks naskah drama, 2) penggunaan metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks naskah drama. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat, sikap belajar, dan hasil keterampilan menulis teks naskah drama siswa. 


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2011. (Contextual Teaching and Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Johnson, Elaine. 2006. Contextual teaching and learning. Bandung: MLC.

Niswah, Nunun. 2015. Keterampilan dan Nilai sebagai Materi dalam Pendidikan. Diakses dari http://tugasniswah.blogspot.co.id/2015/04/keterampilan-dan-nilai-sebagai-materi.html (30 April 2017)

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual ( Contextual teaching and learning ) dan Penerapannya Dalam KBK. Semarang : Universitas Negeri Malang.

Sukirno, 2013. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widyahening, dkk. 2012. Kajian Drama Teori dan Implementasi. Surakarta: Cakrawala Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA