PRINSIP KESANTUNAN DAN KEBERHASILAN KETERAMPILAN BERBICARA

Diana Tustiantina

Abstract


Tujuan utama dari berbicara adalah tersampainya pesan berupa ide, gagasan, pikiran, atau perasaan kepada orang lain. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik jika pembicara memiliki kemampuan mengucapkan kata-kata atau kalimat-kalimat dengan baik dan mengetahui isi pembicaraannya. Selain memahami isi pembicaraan, keberhasilan berbicara ditentukan pula oleh beberapa kompetensi kebahasaan yang dimiliki pembicara, salah satunya adalah kompetensi pragmatik. Kompetensi pragmatik merupakan unsur pendukung dalam mensukseskan keberhasilan berbicara. Hal penting dalam berbicara adalah mempertahankan proses penyampaian pesan kepada penyimak. Proses tersebut dapat dipertahankan dengan baik jika pembicra mematuhi prinsip kesantunan. Prinsip ini akan menjadi pendukung kebrhasilan berbicara. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti bermaksud membahas prinsip kesantunan sebagai upaya penentu keberhasilan berbicaraHasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pragmatik, yakni kesantunan dapat menjadi salah satu kompetensi kebahasaan yang dibutuhkan dalam mensukseskan keberhasilan keterampilan berbicara.


Full Text:

PDF

References


Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Brown, P. & S. C. Levinson. 1996. Politeness: Some Universal in language Usage. Cambridge: Cambridge University Press.

Kunjana, R. Rahardi. 2010. Pragmatik (Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia). Jakarta: Erlangga

Kushartanti, B. 2009. Strategi Kesantunan Bahasa pada Anak-Anak Usia Prasekolah: Mengungkapkan Keinginan. Dalam Dardjowidjodjo, Soenjono dkk (ed.). Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia (edisi Agustus 2009). Jakarta: Unika Atma Jaya.

Leech, Geofrey N. 1983. Principles of Pragmatics. London: Longman Group Limited.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita

Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Renkema, Jan. 2004. Inroducing Discourse Studies. Philadelphia: Jan Benyamin

Yule, G. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA