ANALISIS KEBUTUHAN BAHASA INGGRIS GURU KELAS

Eva Rosita

Abstract


Perkembangan kebutuhan penggunaan bahasa Inggris di berbagai bidang profesi menyebabkan diperlukannya pembelajaran yang bersifat khusus dan aplikatif. Pada ruang lingkup pengelolaan kelas di sekolah, kendala berbahasa Inggris masih kerap ditemukan karena keberagaman latar belakang pendidikan guru. Untuk mencari tahu jenis kebutuhan dan cara meningkatkan kemampuan mereka, diperlukan sebuah analisis yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil analisis dari kedua instrumen tersebut mencakup informasi tentang guru sebagai pembelajar, tantangan, peluang, dan kebutuhan mereka. Dari data yang didapatkan, dibentuklah program tindak lanjut pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan yang spesifik atau dikenal dengan sebutan English for Specific Purposes (ESP). Penelitian menunjukkan bahwa 43,6% guru kelas membutuhkan pelatihan aspek berbicara dan 25,5% dari mereka memerlukan pelatihan aspek menulis. Kegiatan yang diharapkan oleh 32,9% guru menitikberatkan agar mereka mampu melakukan percakapan sehari-hari dengan peserta didik dan 21,9% guru berharap dapat berkomunikasi secara lisan dengan rekan sejawat. Hasil analisis ini kemudian menjadi informasi awal pembuatan silabus dan materi English for Specific Purposes for Classroom Teachers.


Full Text:

PDF

References


Basturkmen, Helen. 2010. Developing Course in English for Specific Purposes. UK: Mackmillan.

Clarke, S., Dickinson, P., Westbrook. J. 2010. Becoming ang English Teacher. London: Sage Publishing.

Gusz-Garrido, M.F., Palmer-Silveira, J.C., Gomez, I.F. 2010. English for Professional and Academic Purposes. New York: Rodopi.

Barcena, E., Read, T., Arus, G. 2014. Languages for Specific Purposes in the Digital Era. Switzerland: Springer International Publishing.

Christison, M.A. dan Murray, D.E. 2014. What English Language Teachers Need to Know Volume III. New York: Routledge.

Bracken,S., Driver, C., Hanifi, K. 2017. Teaching English as an Additional Language in Secondary Schools. New York: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA