PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP FLUIDA STATIS

Rovi Afriana, Fathiah Alatas, Hasian Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penrapan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep fluida statis. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA Negeri Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X IPA 1, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X IPA 3. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi kemampuan komunikasi siswa. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Hasil kemampuan komunikasi siswa berada dalam kategori sedang. Indikator yang memiliki nilai persentase tertinggi adalah sikap peduli diskusi, sedangkan indikator yang memiliki persentase terendah adalah isyarat tubuh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA