PENGEMBANGAN MODEL TEACHING FACTORY DI SEKOLAH KEJURUAN

Muhammad Nurtanto, Sulaeman Deni Ramdani, Soffan Nurhaji

Abstract


Pendidikan kejuruan memiliki peranan penting dalam upaya mencetak tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan dunia industri. Proses pembelajaran yang menekankan pada penguasaan kompetensi spesifik membutuhkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Model teaching factory merupakan salah satu solusi untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi dunia industri. Pembelajaran teaching factory yang dikembangkan dapat di integrasikan pada unit produksi yang diselenggarakan oleh sekolah. Penelitian ini merupakan studi literature yang meninjau pengembangan model teachingfactory di sekolah kejuruan. Hasil diskusi menyimpulkan bahwa manajemen teaching factory meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Teaching factory yang dikembangkan terintegrasi dengan unit produksi untuk penyelenggaraan praktik peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Dadang Hidayat M. (2011). Model pembelajaran teaching factory untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran produktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 17, No 4.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (2008). Roadmap pengembangan SMK 2010-2014. Jakarta: Depdiknas

Djohar. (2006). Guru, pendidikan dan pembinaanya. (Penerapanya dalam Pendidikan dan UU Guru). Yogyakarta: CV. Grafika Indah

Hadlock, H., Wells, S., Hall, J., et al. (2008). From practice to entrepreneurship: rethingking the learning factory approach. Proceeding of the 2008 IAJC IJME International Conference, ISBN 978-1-60643-379-9.

Ibnu Siswanto. (2011). Pelaksanaan Teaching Factory di SMK RSBI Daerah Yogyakarta. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Lamancusa, J. S., Zayas, Jose L., Soyster, Allen L., et al. (2008). The learning factory: industry-partnered active learning. Journal of engineering education.

Thomas Sukardi. (2008). Pengembangan Model Bengkel Kerja Praktik Sekolah Menengah Kejuruan. Disertasi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Triatmoko, SJ. (2009). The ATMI story, rainbow of excellence. Surakarta: Atmipress.

Wardiman Djojonegoro (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA