PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MATRIKS KELAS XI SMA

Isna Rafianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia yaitu menjadi kurikulum 2013. Didalam kurikulum 2013 ini ditekankan untuk menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan (5M). Selain itu berdasarkan hasil wawancara dengan guru di sekolah menyatakan bahwa guru sudah sepatutnya membuat bahan ajar sendiri yang dapat membantu siswa secara mandiri dengan langkah-langkah yang mencakup kegiatan 5M untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi matriks kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang terdiri dari: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan penelitian, 3) pengembangan desain, 4) preliminary field test, 5) revisi preliminary field test. Pada tahap preliminary field test, dilakukan validasi modul oleh seorang ahli matematika dan dua orang ahli pendidikan untuk melihat tingkat kevalidan produk, hasilnya menyatakan bahwa produk sangat valid sehingga sangat baik untuk digunakan. Selain itu dilakukan uji terbatas terhadap sembilan siswa untuk melihat respon kelayakan yang hasilnya menyatakan layak, artinya modul pembelajaran matematika menarik untuk dipelajari atau digunakan.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Anwar, Ruliansyah. 2014. Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal HUMANIORA, Vol.5 No.1 April 2014: 97-106.

Borg, W. and Gall,M.. 1983. Educational Research: An Introduction (4th ed). New York and London: Longman.

Depdiknas. 2007. Pedoman Memilih Menyusun Bahan Ajar dan Teks Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Ruseffendi, E.T. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Tjiptiany, Endang Novyta, dkk. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2016 Halaman: 1938-1942.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA